Selama kita berpuasa, maka ada perubahan pola makan yang terjadi, yaitu kita hanya makan saat sahur dan berbuka puasa saja. Perubahan pola makan ini bila tidak diatur dengan baik dapat menyebabkan beberapa masalah gangguan penyakit saat puasa. Penyakit yang umum terjadi adalah rasa lemas, pusing, lelah yang disebakan karena bahan makanan yang kita konsumsi saat sahur tidak mencukupi kebutuhan energy selama kita beraktivitas. Lalu adakah cara agar tetap segar bugar selama puasa?

tips sehat agar tetap fit selama puasa
Tetap Aktif, Segar dan Bugar (photo credit: what-is-workplace-wellness.com)


Tips Kesehatan agar Tubuh Anda Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa


Tentu saja perlu dilakukan kiat khusus agar tubur tetap sehat, segar, dan bugar selama puasa sebagai berikut:

  1. Makanlah makanan yang bergizi secara seimbang baik saat sahur maupun buka puasa. Makanan bergizi tidak harus mahal yang penting mengandung nutrisi yang penting yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Agar tubuh Anda tetap fit, segar, dan bugar, janganlah makan berlebihan. Makan berlebihan selain dapat membuat masalah kesehatan baru juga membuat badan kita cepat melar dan malas.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dengan pengaturan sebagai berikut, yaitu setidaknya 2 gelas saat sahur, dan 6 gelas saat berbuka hingga menjelang sahur. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk mencegah dehidrasi dengan demikian Anda akan tetap dapat bekonsentrasi, sehat dan segar sepanjang hari.
  3. Pada saat berbuka puasa, awali berbuka dengan air putih dan kurma atau minuman / makanan manis hangat. Jangan pernah berbuka dengan minuman bersoda atau minum air dingin / air es secara langsung. (Baca juga: Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh)
  4. Makan malam sebaiknya dilakukan setelah sholat taraweh atau sekitar 1 jam setelah berbuka yang pertama untuk memberikan kesempatan pada sistem pencernaan agar dapat bekerja lebih optimal dan tentunya agar Anda tetap dapat khusyu beribadah tanpa perut kekenyangan.
  5. Walaupun lapar, berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tanpa terburu-buru agar lambung Anda tidak “kaget”. Untuk membantu sistem pencernaan Anda, kunyahlah makanan dengan baik sebelum ditelan.
  6. Perbanyak buah dan sayuran berserat sangat baik untuk membantu Anda dapat menahan lapar lebih lama. Serat juga sangat baik untuk mencegah penyakit sulit buang air besar saat puasa.
  7. Selain untuk mencukupi kebutuhan serat, buah dan sayur juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berperan dalam menjaga tubuh Anda tetap fit, sehat, segar dan bugar selama puasa.
  8. Bila Anda memiliki gangguan penyakit seperti kolesterol tinggi, diabetes, lambung, darah tinggi, dsb, selama puasa tetap harus mengurangi makanan yang dapat memicu terjadinya penyakit. Seperti tetap mengurangi makanan berlemak bagi penderita kolesterol tinggi, dsb.
  9. Usahakan tidur yang cukup selama kurang lebih 7 jam sehari agar Anda dapt tetap segar bugar selama puasa.
  10. Olahraga yang teratur. Walaupun sedang puasa, olahraga yang teratur tetap diperlukan, namun jangan dilakukan saat siang hari bolong ya. Anda dapat melakukan olahraga ringan saat sore hari menjelang buka puasa seperti jalan kaki sore, selain berburu makan pembuka puasa, jalan kaki sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Itulah beberapa tips kesehatan agar tubuh Anda tetap segar dan bugar selama puasa dan terhindar dari gangguan penyakit. Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga bermanfaat …


 
Top