Wajah berminyak selain mengganggu penampilan karena wajah mudah sekali mengkilap, penggunakan kosmetik wajah mudah pudar, juga memicu timbulnya komedo dan jerawat. Agar hal demikian tidak terjadi, tentunya Anda harus mengetahui cara merawat wajah berminyak dengan baik sehingga Anda terbebas dari jerawat yang memalukan. Untuk lebih memberikan pemahaman pada Anda akan pentingnya merawat wajah berminyak, silahkan disimak juga penyebab wajah berminyak, penyebab jerawat, dan ciri-ciri kulit berminyak.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Jerawat


Kulit wajah berminyak disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih karena kelenjar sebaceous bekerja secara berlebihan. Kerja kelenjar sebaceous sangat dipengaruhi oleh perubahan hormon dan tingkat emosi seseorang. Pada seorang wanita yang akan mengalami siklus bulanan biasanya wajah cenderung berminyak dan berjerawat. Selain itu mengkonsumsi makanan berminyak juga dapat menyebabkan kulit wajah cenderung berminyak.

Kotoran, debu atau sisa tata rias akan mudah sekali menempel pada kulit wajah berminyak dan sulit dibersihkan hanya dengan pencucian biasa tanpa cara merawat wajah berminyak yang baik. Kotoran yang tertinggal ini akan menjadi sumber timbulnya komedo dan jerawat pada kulit wajah berminyak.

cara mencegah jerawat, cara menghilangkan jerawat
Photo Credit: popsugar.com

Ciri-Ciri Wajah Berminyak


Mengenali jenis kulit Anda akan mempermudah perawatannya. Silahkan Anda periksa apakah kulit wajah Anda memiliki ciri-ciri wajah berminyak berikut ini:
  • Permukaan kulit wajah terlihat mengkilap biasanya munculnya minyak di daerah “T” yaitu dahi dan hidung lebih dominan.
  • Pori-pori kulit wajah tampak lebar seperti kulit jeruk dan terdapat banyak komedo. 
  • Lapisan kulit tanduk sering terkelupas.
  • Kulit wajah berminyak cenderung tampak lebih muda di usia senja karena tingkat elastisitas kulit tinggi dan kandungan minyak di dalamnya akan menjaga kulit tetap lembap.

Cara Merawat Wajah Berminyak dan Terbebas dari Jerawat


Bila ada cara merawat wajah berminyak dan cara mencegah jerawat pada wajah berminyak secara alami dan murah, kenapa harus repot-repot melakukan perawatan wajah menggunakan bahan kimia yang dapat memberikan efek samping dan biaya mahal?

Pada dasarnya cara merawat wajah berminyak dan mencegah jerawat itu tidak sulit namun perlu keuletan dan kedisiplinan dari Anda seperti mengurangi makanan berlemak / berminyak, olah raga teratur untuk melancarkan peredaran darah dan memperbaiki mood, serta cara merawat wajah berminyak berikut ini yang dapat Anda praktekan di rumah:

Cara Merawat Wajah Berminyak #1: Perawatan Harian 


  1. Perbanyaklah minum air putih setidaknya 8 gelas per hari untuk menghilangkan racun / toksin dalam tubuh. (Baca: 6 Fungsi Air Putih untuk Kesehatan Tubuh)
  2. Gunakan handuk hanya dengan menepukan pada kulit wajah secara ringan, jangan menggosok dengan handuk. 
  3. Hindari gonta-ganti produk kecantikan. Anda harus pandai menyeleksi produk kecantikan mana yang sesuai dengan jenis kulit Anda, jangan tergiur dengan iklan yang suka menyesatkan. 
  4. Hindari pemakaian bedak padat / compacted untuk kegiatan ringan sehari-hari. Perlu Anda ketahui, bedak padat dan alas bedak dapat menutupi pori-pori sehingga sangat rentan menimbulkan jerawat pada wajah berminyak. Anda dapat menggunakan bedak tabur yang lebih ringan di kulit. 
  5. Hindari memegang / menyentuh wajah menggunakan tangan kecuali telah dicuci terlebih dahulu. 
  6. Bila muncul jerawat, janganlah memencet jerawat agar tidak semakin parah.

Cara Merawat Wajah Berminyak #2: Gunakan Masker Alami


Masker sangat baik digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat debu. Pemakaian masker pun dapat mencerahkan kulit Anda agar tampak lebih putih berseri.
Baca: Ini Loh Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Berikut ini adalah cara membuat masker alami yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah berminyak dan mencegah jerawat.

1. Cara Merawat Wajah Berminyak Menggunakan Masker Pisang
Anda dapat membuat masker / peeling alami dari bahan pisang, susu dan madu. Cara membuat masker ini cukup mudah yaitu dengan cara menghaluskan sebuah pisang lalu dicampur dengan sesendok madu dan susu secukupnya. Oleskan masker tsb pada wajah berminyak dan biarkan selama 30 menit kemudian basuh wajah dengan air hangat lalu bilas kembali dengan air dingin. Untuk hasil optimal, lakukan cara merawat wajah berminyak menggunakan masker pisang ini secara teratur 2 kali dalam seminggu.

2. Cara Merawat Wajah Berminyak Menggunakan Daun Seledri
Daun seledri dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Rebus beberapa lembar daun seledri sampai mendidih. Biarkan air rebusan hingga suhu normal lalu basuhkan air rebusan tsb pada wajah dan biarkan mengering lalu bilas dengan air mengalir. Lakukan cara merawat wajah berminyak ini setiap hari atau 2 hari sekali.

3. Cara Merawat Wajah Berminyak Menggunakan Masker Mentimun
Parut mentimun dan gunakan hasil parutan tsb sebagai masker selama 30 menit atau sampai mengering lalu bilas dengan air. Lakukan cara merawat wajah berminyak ini 2 kali dalam seminggu.

4. Cara Merawat Wajah Berminyak Menggunakan Air Jeruk Nipis
Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah berminyak. Namun pastikan tidak ada luka di wajah Anda atau kulit Adna tidak sensitive karena penggunaan cara ini dapat menyebabkan rasa perih, merah dan iritasi.

5. Cara Merawat Wajah Berminyak Meggunakan Madu
Oleskan madu murni pada wajah berminyak dan biarkan mengering sekitar 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air mengalir. Khasiat madu dalam mencegah jerawat dan kesehatan kulit tak perlu diragukan lagi.
 
Top