Kantung mata menebal atau lebih dikenal dengan mata panda biasanya muncul pada seseorang yang berusia di atas 40 tahun. Namun kantung mata hitam dapat saja terjadi pada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan kurang tidur / sering begadang. Adanya kantung mata tentu saja dapat mempengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Lalu bagaimana cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami?

 

Tips / Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Alami


Berikut ini adalah beberapat tips / cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami yang dapat Anda coba:

 

1. Mencegah Kantung Mata Lelah Dengan Mengatur Pola Istirahat


Mata panda yang disebabkan oleh orang yang kurang tidur atau terlalu banyak bekerja di depan monitor dapat diatasi dengan mengatur pola istirahat. Menjaga kualitas tidur sekitar 7 jam per hari dapat menyegarkan badan Anda termasuk mata Anda saat bangun tidur. Selain itu mengistirahatkan mata tiap jam selama 10 menit saat Anda bekerja di depan layar monitor dapat membantu mengatasi kelelahan mata.

 

2. Kompres Air Es


Cara termudah menghilangkan kantung mata hitam adalah dengan kompres mata menggunakan kain lap yang telah dibasahi air es. Lakukan kompres mata ini di atas kelopak mata dalam kondisi terpejam.

 

3. Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Menggunakan Mentimun


cara mengatasi mata lelah
photo credit: webmd.com

Iris buah mentimum berbentuk melingkar lalu letakan irisan buah mentimun tsb di kelopak mata yang tertutup. Kandungan air yang bersifat dingin dan zat halitosis dalam buah ini mampu menghilangkan kantung mata hitam secara alami. Kandungan vitamin E dalam buah mentimun dapat memperlambat proses penuaan dini dan mengurangi keriput sekitar kelopak mata. Selain itu zat vocunis sativum L dapat memberikan efek mengencangkan kulit sekitar mata.

 

4. Menggunakan Ampas Teh


Bila Anda senang meminum teh dengan cara menyeduh daun teh, maka jangan buang dulu ampas teh tsb. Ampas teh yang telah didinginkan di lemari es dapat dimanfaatkan untuk kompres mata. Kandungan tannin dan antioksidan dalam teh dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan kantung mata hitam secara alami.

 

5. Menggunakan Bengkoang / Kentang


Bengkoang merupakan bahan yang sering digunakan untuk membuat masker wajah. Cara membuatnya adalah dengan memarut bengkoang lalu diambil endapan airnya dan gunakan endapan tsb sebagai masker wajah. Menggunakan masker bengkoang tsb di area sekitar mata dapat mengencangkan kulit sekitar mata dan mampu menghilangkan kantung mata hitam secara alami. Bila di rumah tidak tersedia bengkoang, maka Anda dapat memanfaatkan kentang untuk menghilangkan kantung mata hitam dengan hasil yang sama.

 

6. Minyak Zaitun


Minyak zaitun dapat pula digunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam yaitu dengan cara mengoleskan minyak zaitun di area bawah mata sebelum tidur. Untuk hasil maksimal, jangan lupa gunakan secara rutin.

 

7. Menggunakan Sayuran Beku


Selain kompres dengan bahan di atas, Anda pun dapat melakukan kompres mata dengan sayuran beku seperti kacang kedelai dll. Bungkus 1 kantung sayuran beku dalam kain lap lembut kering, lalu kompreskan di atas kelopak mata untuk menghilangkan kantung mata hitam secara alami.


Itulah 7 cara menghilangkan kantung mata hitam secara alami yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Perlu diingat, cara alami ini memerlukan keuletan Anda dan hasil terapi akan bervariasi tergantung dari jenis usia, jenis kulit, pola hidup dan keuletan Anda. Selamat mencoba ...

Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
 
Top