Tak perlu dipungkiri di jaman modern seperti sekarang ini, penampilan menjadi hal penting dan wajah adalah hal pertama yang dilihat dari penampilan. Banyak orang yang menginginkan memiliki kulit wajah yang putih, bersih dan sehat. Berbagai cara memutihkan wajah pun dilakukan, ada yang pergi ke dokter, ada yang ke salon kecantikan, dan ada pula yang menggunakan pemutih wajah. Namun Anda harus hati-hati dalam menggunakan pemutih wajah karena banyaknya peredearan krim pemutih wajah illegal yang masuk Indonesia sehingga belum teruji khasiat dan efek sampingya. Selain itu cara memutihkan wajah tsb mahal dan harus menyiapkan sejumlah uang tsb tiap bulannya.

Daripada menggunakan cara memutihkan wajah menggunakan zat kimia yang dapat merusak kulit Anda, alangkah baiknya bila Anda menggunakan cara memutihkan wajah secara alami, dari bahan-bahan alami di sekitar Anda yang Anda ketahui. Pembuatan pemutih wajah alami pun mudah saja dan yang pasti tidak akan merusak kulit Anda dan ramah di kantong.

Namun sebelum membahas cara membuat pemutih alami dan cara memutihkan wajah secara alami, alangkah baiknya Anda mengenali dulu jenis kulit wajah Anda. Perlu Anda ketahui setiap jenis kulit akan memerlukan perawatan yang berbeda pula.

cara memutihkan wajah menggunakan masker pemutih alami, cara membuat masker wajah alami
photo credit: programfitnes.com

Jenis - Jenis Kulit Wajah


1. Kulit wajah normal, yaitu biasanya memiliki tingkat kekeringan dan kelembapan yang standar dengan ciri-ciri kulit agak kering dan lebih halus. Pemilik kulit normal dapat bersenang hati karena jarang sekali muncul masalah pada kulit normal. Cara memutihkan wajah kulit normal cenderung lebih mudah dilakukan, Anda dapat menggunakan masker alami apapun, namun akan lebih baik lagi bila menggunakan masker wajah berbahan mentimun, kentang, dan wortel.

2. Kulit berminyak dapat diketahui dengan ciri-ciri wajah yang mengkilap. Produksi minyak berlebih pada kulit berminyak akan menyebabakan kotoran / debu mudah sekali menempel di wajah dan dapat menyumbat pori-pori kulit. Orang dengan wajah berminyak mudah sekali terkena jerawat. Bila Anda memiliki kulit berminyak sebaiknya Anda sering-sering membersihkan wajah Anda. Cara memutihkan wajah kulit berminyak dianjurkan menggunakan masker wajah berbahan nanas atau jeruk nipis, putih telur, kuning telur, dan madu.

3. Kulit kering dapat dilihat dari penampakan kulit yang cenderung kering, keriput, bersisik, dan tampak tua. Untuk merawat kulit kering disarankan untuk selalu menggunakan pelembab. Cara memutihkan wajah kulit kering dapat dilakukan dengan menggunakan masker wajah berbahan avocado / alpukat, bengkoang, pisang, dan buah – buahan lainnya. Masker wajah mengandung tepung juga baik untuk kulit kering.

Tips Merawat Kulit Wajah


1. Hindari mencuci wajah dengan air hangat bila Anda memiliki kulit wajah kering. Namun bila Anda memiliki kulit wajah berminyak, sangat dianjurkan mencuci wajah dengan air hangat.

2. Gunakan masker wajah seminggu sekali untuk kulit kering. Anda juga dapat menggunakan toner dan milk cleanser. Namun bila Anda memiliki kulit berminyak sebaiknya jangan dilakukan.

Baca juga: 7 Cara Merawat Wajah Agar Cantik dan Sehat Alami

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami


Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker Bengkuang


Bahan: buah bengkuang

Cara membuat: parut bengkuang dan ambil air perasannya.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan masker bengkuang: gunakan masker bengkuang di wajah Anda setiap pagi. Biarkan masker selama 15 menit atau sampai mongering. Cuci wajah dengan sabun dan bilas dengan air dingin.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker Mentimun


Bahan: susu, mentimun.

Cara membuat: parut mentimun dan ambil sarinya saja. Campurkan sari mentimun dengan susu sapi segar secukupnya dan masukkan ke dalam botol. Kocok dan diamkan hingga 3-4 jam. Saring dan simpan dalam kulkas agar tetap segar.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan masker mentimun: Oleskan masker setiap sore ke wajah Anda dan diamkan hingga 15 menit. Bila dengan air hangat lalu cuci menggunakan sabun lalu bilas kembali dengan air dingin.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker Jeruk Nipis


Bahan: teh yang sudah diembunkan semalaman, minyak zaitun, air jeruk nipis, minyak cendana.

Cara membuat: air jeruk nipis yang baru diperas dari buahnya, campurkan dengan sesendok air teh, tambahkan sedikit minyak zaitun dan cendana. Campurkan hingga merata.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan masker jeruk nipis: oleskan masker ke wajah sambil dipijat. Biarkan selama 45 menit. Gosok wajah perlahan hingga semua kotoran terangkat. Cuci wajah dengan sabun, lalu bilas menggunakan air hangat lalu dilanjutkan dengan air dingin. Keringkan wajah dengan handuk kering yang lembut.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker Kentang


Bahan: kentang.

Cara membuat: parut kentang, peras dan ambil sarinya.

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan masker kentang: oleskan sari kentang setiap sebelum tidur pada wajah. Biarkan hingga 20 menit lalu cuci dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.

Kentang dapat pula digunakan untuk menghilangkan kantung mata hitam.

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Menggunakan Masker Air Beras


Bahan: air dan beras beras

Cara membuat: haluskan beras lalu campurkan dengan air, saring lalu diamkan air sari beras.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan air beras: gunakan sari beras di wajah dan biarkan hingga mengering. Cucilah dengan air.


Itulah 5 cara memutihkan wajah menggunakan masker pemutih wajah alami yang berasal dari bahan alami yang ada di sekitar kita. Penggunaan air hangat untuk mencuci wajah dimaksudkan untuk membuka pori-pori wajah sehingga kotoran dalam pori mudah dibersihkan dengan sabun. Sementara pembilasan dengan air dingin dimaksudkan untuk menutup pori-pori sehingga kotoran tidak mudah masuk kembali.

Dengan menggunakan cara memutihkan wajah secara alami di atas secara teratur maka memiliki wajah putih, cantik, cerah dan sehat bukan hanya sekedar mimpi namun kenyataan. Semoga informasi di atas bermanfaat.
 
Top