Sahabat Dunia Kesehatan, mungkin pernah ada yang mengalami penyakit keputihan. Namun apakah sahabat tahu apa itu keputihan, jenis-jenis keputihan, penyebab keputihan, dan ciri-ciri keputihan? Lalu bila Anda mengalami ini apa dampaknya bagi kesehatan Anda dan bagaimana cara mengatasi keputihan tsb? Bila Anda belum mengetahuinya silahkann disimak ulasan berikut ini.
penyebab keputihan, ciri-ciri keputihan, jenis keputihan,

Apa Itu Keputihan?


Keputihan atau disebut leukorea /  fluor albus dalam istilah kedokteran adalah suatu kondisi yang ditandai dengan keluarnya cairan berlebihan dari alat vital perempuan. Cairan yang dimaksud bukan berupa darah.

Jenis-Jenis Keputihan


Darisegi berbahaya atau tidaknya maka dikenal 2 jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. Keputihan abnormal / tidak normal lah yang dikategorikan sebagai penyakit.

Penyebab Keputihan Normal


Keputihan normal berupa cairan yang terdiri dari lepasan lendir endoserviks, jaringan leher rahim, jaringan vagina, dan bakteri baik terutama golongan Lactobacillus.

Cairan yang keluar dari alat vital ini sebetulnya adalah suatu cara alamiah untuk membersihkan area kewanitaan, sebagai pelicin, dan juga berperan sebagai benteng pertahanan dari berbagai infeksi.

Banyaknya jumlah ccairan keputihan tsb akan sangat dipengaruhi oleh siklus bulanan / menstruasi. Pada fase folikel (fase pematangan sel telur) maka jumlah cairan yang keluar akan meningkat dan mencapai puncaknya saat ovulasi (fase pengeluaran sel telur untuk dibuahi), dan cairan pun semakin mengental.

Penyebab Keputihan Abnormal / Keputihan Penyakit


Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit keputihan:
  1. Hygiene / tingkat kebersihan pribadi yang buruk
  2. Pemakaian antibiotik atau obat-obatan lain dalam waktu lama 
  3. Faktor psikologis seperti stress 
  4. Penyakit infeksi / radang pada kelamin yang biasanya disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri gonorrhoe, jamur Candida, parasit trichomonas, dan virus (HPV, Herpes, AIDS) 
  5. Kanker leher rahim / kanker serviks 
Baca juga: Pengalaman Vaksin HPV di Klinik Raisha Jogjakarta

    Ciri-Ciri Keputihan Normal

    1. Bentuk: cair / encer
    2. Warna: bening atau sedikit putih 
    3. Jumlah : sedikit 
    4. Bau: hampir tidak berbau 
    5. pH : asam atau sekitar 3,8 – 4,5 
    6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

    Ciri-Ciri Keputihan Abnormal / Keputihan Penyakit

    1. Bentuk: kental
    2. Warna: putih susu, kuning atau hijau 
    3. Jumlah: banyak / berlebihan 
    4. Bau: tidak sedap 
    5. Menimbulkan gatal dan kadang nyeri pada area kewanitaan dan mungkin akan mengandung darah.
    Rasa nyeri dan gatal pada alat vital saat kehamilan perlu dicurigai sebagai tanda-tanda kehamilan bahaya / tidak normal.

    Cara Memastikan Terkena Keputihan Abnormal / Keputihan Penyakit


    1. Perhatikan apakah Anda mengalamai ciri-ciri keputihan abnormal di atas
    2. Bila iya segera konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda. 
    3. Untuk memastikan penyebab keputihan abnormal biasanya dokter akan menyarakan pemeriksaan cairan vagina dan Pap Smear. Untuk kasus tertentu dapat dilanjutkan dengan tes mikrobiologi yaitu biakan kuman dan tes resistensi.

    Cara Mengatasi Keputihan


    Penyakit keputihan bila tidak segera ditangani dengan baik dapat menyebar ke sistem reproduksi hingga dapat menimbulkan radang dan penyumbatanan saluran sistem reproduksi sehingga dapat terjadi kemandulan.

    Ada 2 cara mengatasi keputihan, yaitu menggunakan terapi non medis / tanpa obat dan melakukan terapi dengan obat.

    Cara Mengatasi Keputihan Tanpa Obat

    • Meningkatkan tingkat kebersihan diri dan menjaga agar daerah kewanitaan Anda tetap bersih dan higienis.
    • Sebisa mungkin hindari mandi / berendam pada kolam umum. 
    • Gunakan celana dalam dari bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat seperti katun. Hindari pemakaian celana dalam yang ketat. 
    • Mengurangi stress
    Baca juga: Apa Obat Keputihan Yang Manjur?

    Cara Mengatasi Keputihan Dengan Obat


    Konsultasikanlah pada dokter kepercayaan Anda untuk mendapatkan cara mengatasi keputihan dengan obat. Terapi obat yang diberikan biasanya akan disesuaikan dengan kondisi pasien dan penyebab keputihan yang dialami. Biasanya terapi yang digunakan adalah antibiotik dan anti jamur.

    Bila cara mengatasi keputihan dengan obat ini tidak memberikan kesembuhan, sebaiknya segera konsultasikan lagi pada dokter kepercayaan Anda karena bisa saja ini adalah pertanda penyakit yang lebih serius lagi seperti terjadinya penyakit kanker leher rahim / kanker serviks yang ditandai dengan keluarnya cairan vagina yang banyak, berbau dan biasanya disertai darah tak segar.
    Itulah ulasan singkat mengenai apa itu keputihan, jenis-jenis keputihan, penyebab keputihan, ciri-ciri keputihan, cara memastikan keputihan, dampak dari keputihan, dan cara mengatasi keputihan.

    Referensi:
     
    Top