Kehamilan adalah sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang ingin memiliki momongan / anak. Fase-fase kehamilan awal biasanya di 3 bulan pertama adalah fase-fase kehamilan rawan, di mana ibu hamil harus ekstra hati-hati menjaga kehamilannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran dsb. Masalahnya tak sedikit dari ibu hamil yang tak menyadari bila dirinya hamil sehingga masih beraktifitas layaknya orang tidak hamil. Hal ini biasanya terjadi pada ibu-ibu muda yang pertama kali hamil atau ibu hamil yang sangat sibuk sehingga kurang memperhatikan dirinya sendiri. Sebetulnya untuk mengetahui dirinya hamil atau tidak dapat diketahui dari tanda-tanda kehamilan awal seperti perubahan fisik, dsb.

Tanda-tanda kehamilan awal baik perubahan fisik maupun psikis memang tidak akurat, namun cukup memberikan “alert” atau alarm untuk kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan medis untuk hasil yang lebih akurat. Jadi alangkah baiknya bila Anda mengetahui tanda-tanda kehamilan awal untuk meningkatkan kewaspadaan Anda.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal Yang Perlu Diketahui


tanda-tanda kehamilan awal
photo credit: pixabay.com
Sebelum membahas tanda-tanda kehamilan awal yang perlu diketahui, sebaiknya kita samakan dulu presepsti tentang cara perhitungan umur kehamilan. Para dokter kandungan akan menghitung umur kehamilan dari hari terakhir Anda mendapatkan siklus bulanan. Jadi kehamilan minggu pertama adalah seminggu dari datang bulan terakhir Anda dan bukan dihitung dari pembuahan.

Tanda-tanda kehamilan awal mungkin berbeda pada tiap wanita tergantung dari kondisi kesehatan masing-masing wanita tsb.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal Secara Fisik


Ciri-ciri orang hamil dapat dilihat dari perubahan fisiknya seperti terjadi terlambatnya datang bulan, pembesaran payudara dll yang biasanya terjadi karena ada perubahan hormone di dalam tubuh.

1. Terlambat Datang Bulan
Tanda-tanda kehamilan awal ini sudah lazim diketahui dan terjadi karena ovarium / sel telur yang sudah terbuahi tidak akan dikeluarkan dari tubuh.

2. Mual dan Muntah
Tanda-tanda kehamilan awal yang kedua inipun sudah diketahui masyarakat luas. Biasanya orang hamil akan merasa mual bahkan muntah pada pagi hari atau lebih dikenal dengan istilah “morning sickness”. Namun tak menutup kemungkinan bila mual dan muntah akan terjadi sepanjang hari.

3. Pendarahan atau Bercak Darah
Beberapa wanita hamil akan mengalami pendarahan atau bercak darah yang disebut dengan “implantation bleeding” yaitu pendarahan yang terjadi karena proses penempelan calon janin ke dinding rahim. Beberapa wanita ada yang berpikir bahwa ini adalah haid yang sedikit padahal ini adalah tanda-tanda kehamilan awal.

4. Kram Perut / Sakit Perut
Proses implantasi / penempelan calon janin juga kadang menyebabkan kram perut pada ibu hamil.

5. Perubahan Payudara
Pada awal kehamilan, Anda akan merasakan perubahan pada payudara Anda seperti terasa lebih sensitif dan merasa tidak nyaman bila tersentuh atau terkena bra. Tanda-tanda kehamilan awal lainnya adalah membesarnya payudara, namun lebih empuk bila dipegang, kadang timbul rasa gatal dan puting yang membengkak.

6. Sering Buang Air Kecil
Tanda-tanda kehamilan awal ini terjadi karena janin membutuhkan ruang untuk tumbuh sehingga menekan kantung kemih dan menyebabkan Anda ingin buang air kecil. Ciri-ciri orang hamil ini umum terjadi pada usia kehamilan 1-12 minggu lalu terjadi lagi saat perut sudah membesar atau sekitar minggu ke-28.

7. Mudah Lelah
Kelelahan yang sering muncul pada wanita walaupun hanya melakukan pekerjaan rutin sehari-hari adalah tanda-tanda kehamilan awal karena terjadinya penuruan tekanan darah. Ibu hamil muda akan yang memiliki riwayat tekanan darah rendah akan merasakan sangat kelelahan bahkan dapat menyebabkan pingsan.

Tanda-Tanda Kehamilan Awal Non Fisik


1. Mengidam

Mengidam merupakan tanda-tanda kehamilan awal yang sudah diketahui. Mengidam artinya menginginkan sesuatu di luar kebiasaan, biasarnya erat kaitannya dengan ingin memakan buah yang asam seperti mangga. Hal ini wajar saja karena ada perubahan hormone dalam tubuhnya.

2. Penciuman Semakin Sensitif
Tanda-tanda kehamilan awal berikutnya adalah ibu hamil menjadi lebih sensitive indra penciumannya, ada yang tidak disukai namun ada pula bau-bau tertentu yang menjadi disukai.

3. Mengantuk dan “Moody”
Mengantuk dan perasaan yang “moody” atau emosinya sering berubah juga merupakan tanda-tanda kehamilan awal. Ciri-ciri orang hamil muda adalah selain mudah lelah juga mudah tersinggung.

4. Gelisah dan Stres
Rasa gelisah, stress, galau adalah tanda-tanda kehamilan awal berikutnya. Bila dibiarkan dan tanpa dukungan dari suami / orang terdekat, kasus ini dapat menyebabkan depresi yang berbahaya bagi ibu dan janinnya.

Itulah tanda-tanda kehamilan awal yang perlu Anda ketahui baik sebagai istri maupun suami harus bekerja sama menjaga janin dalam kandungan ibu hamil sehingga pada saatnya nanti ibu tsb akan melahirkan bayi sehat, normal dan selamat.

Bila Anda mengalami tanda-tanda kehamilan awal di atas maka Anda dapat melakukan tes lanjutan di rumah atau segeralah periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan kepastian apakah betul Anda hamil atau tidak. Karena bila Anda tidak hamil maka ciri-ciri orang hamil di atas mungkin menjadi pertanda timbulnya penyakit serius. 
Baca juga: Penyebab, Tips Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Mulut Rahim

Ada 2 cara pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui apakah seseorang hamil atau tidak secara medis atau berdasarkan pengukuran yaitu:

Pemeriksaan Kehamilan Menggunakan Tes Urin / Test Pack
Anda dapat membeli test pack di apotek sekitar Anda. Namun pastikan Anda mengikut cara penggunaan yang terdapat pada kemasan test pack tsb untuk hasil yang optimal. Tes urin ini cukup sensitive, akurat, dan mudah dilakukan. Bila Anda ingin melakukan tes ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Pemeriksaan Kehamilan Menggunakan USG
Cara ini sangat akurat dalam memastikan tanda-tanda kehamilan awal yang muncul. Selain itu, dengan menggunakan cara ini pun, Anda dapat mengetahui keadaan janin dalam rahim.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang perlu Anda ketahui, untuk informasi penyakit dan tips kesehatan lainnya terus ikuti Dunia Kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat ...

 
Top