Teknik sulam bibir memang sedang menjadi tren kecantikan bagi wanita sekarang ini. Hal ini dipicu dengan keinginan para wanita untuk memiliki bibir indah, mempesona, dan merah merona dengan cara cepat. Namun teknik sulam bibir ini ternyata tak hanya diminati kaum hawa karena kaum adam yang sangat memperhatikan penampilannya pun tak mau ketinggalan. Namun bila Anda berminat juga melakukan teknik sulam bibir untuk memperindah bibir Anda, sebaiknya Anda harus mengetahui dulu efek samping teknik sulam bibir ini.

Namun sebelum kita membahas efek samping teknik sulam bibir, sebaiknya Anda mengetahui dulu kenapa mereka memilih menggunakan teknik sulam bibir ini. Alasan utama, karena mereka merasa bibir mereka tidak seksi, berwarna hitam, terlihat kurang indah. Memerahkan bibir secara alami memang memerlukan usaha yang konsisten dan keuletan. Namun bagaimanapun memerahkan bibir secara alami itu lebih baik, sementara cara instan itu memang sering memiliki banyak kekurangan.

efek negatif sulam bibir
Teknik Sulam Bibir (photo credit: meetdoctor.com)

Efek samping teknik sulam bibir berikut ini saya ulas bukan bermaksud menakut-nakuti tetapi sebaiknya ini menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan menggunakan teknik ini:


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #1: Menimbulkan Rasa Sakit Pada Prosesnya 

Ada proses penusukan jarum saat melakukan teknik sulam bibir yang dapat menimbulkan rasa sakit. Memang ada beberapa salon yang menggunakan obat bius, namun ada pula yang tidak menggunakannya. Walaupun menggunakan obat bius, saat menyuntik obat bius pun akan menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan teknik sulam bibir ini meliputi rasa panas, terbakar, dan perih.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #2: Menyebabkan Bibir Tidak Sehat  

Iya betul, teknik sulam bibir dapat membuat bibir Anda terlihat seksi dan indah dengan warna bibir merah merona, namun kecantikan tsb tidak menjamin bibir Anda sehat. Sebetulnya teknik sulam bibir akan memberikan efek samping bibir kering dan pecah-pecah karena jarum yang digunakan saat proses penyulaman telah merusak jaringan kulit bibir yang berfungsi untuk melindungi bibir itu sendiri. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami

Efek samping sulam bibir adalah merusak lapisan epidermis / kulit terluar bibir, apabila teknik sulam bibir ini dilakukan lebih dari sekali maka akan membuat kulit bibir menjadi semakin tipis. Akibatnya bibir akan makin sensitif seperti tidak mampu bersentuhan dengan sesuatu (makanan / zat-zat lainnya seperti obat) panas, pedas, ataupun dingin. Reaksi yang terjadi berupa bibir kemerahan seperti terbakar.

Pori-pori yang terbuka pada bibir dapat membuat bibir semakin mudah terkena penyakit kulit.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #3: Menimbulkan Alergi  

Pada wanita yang memiliki kulit sensitif, pewarna / tinta yang digunakan pada proses penyulaman dapat menimbulkan reaksi alergi. Reaksi yang ditimbulkan berupa rasa gatal pada bibir. Jika hal ini terjadi, jangan garuk bibir Anda karena dapat menyebabkan bibir Anda lecet dan mungkin berdarah.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #4: Risiko Pendarahan Bagi Wanita Haid  

Teknik sulam bibir tidak boleh dilakukan pada wanita yang sedang haid karena berisiko menimbulkan pendarahan pada bibir. Hal ini terjadi karena jarum sulam dapat menekan sel darah merah yang ada di bibir.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #5: Menimbulkan Luka Yang Tidak Bisa Kering  

Pada wanita dengan penyakit diabetes, sangat berisiko memiliki luka bekas penyulaman yang tak kunjung kering dan tidak dapat sembuh. Sementara pada penderita diabetes sebaiknya luka sekecil apapun dapat dihindari.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #6: Menimbulkan Luka Permanen  

Luka permanen dapat berupa goresan di bibir atau luka bekas robekan bibir yang semuanya dapat membekas secara permanen.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #7: Menyebabkan Iritasi dan Bengkak

Tergantung sensitifitas kulit bibir pemiliknya, setelah proses penyulaman bibir biasanya bibir akan mengalami iritasi dan bengkak yang akan hilang dalam waktu 2 jam.


Efek Samping Teknik Sulam Bibir #8: Menyebabkan Infeksi

Ada risiko terjadinya infeksi seperti bentol pada permukaan bibir yang disebabkan oleh kosmetik permanen, tinta / pewarna berasal dari bahan sintetis, atau jarum yang digunakan tidak steril. Kosmetik permanen menggunakan bahan-bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan bibir

Efek Samping Teknik Sulam Bibir #9: Risiko Tertular Penyakit Menular

Penggunaan jarum sulam yang tidak steril atau bekas orang lain dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit menular seperti HIV / AIDS, TBC, Hepatitis, dll. Jadi pastikan jarum tsb masih tersegel dalam kemasannya saat Anda akan melakukan proses penyulaman bibir.

Efek Samping Teknik Sulam Bibir #10: Gangguan Janin Pada Ibu Hamil

Proses sulam bibir sebaiknya dihindari saat Anda sedang hamil karena ada risiko tinta pewarna bibir dapat masuk ke peredaran darah dan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan Anda.

Itulah 10 efek samping teknik sulam bibir yang perlu Anda ketahui. Jadi apakah sulam bibir itu aman? Silahkan temukan jawabannya dengan mempertimbangkan kembali efek samping di atas. Saya pribadi tidak menyarankan Anda menggunakan teknik sulam bibir untuk membuat bibir Anda cantik dan mempesona. Sebaiknya syukuri apa yang ada dan berusahalah merawatnya agar bibir Anda tetap sehat.
 
Top