Rambut merupakan mahkota dan aset berharga yang harus selalu dijaga dan dirawat baik-baik. Rambut sehat, indah, dan berkilau merupakan impian dari setiap orang terutama kaum wanita agar setiap penampilannya selalu memukau. Namun untuk mendapatkan hal itu semua diperlukan keuletan dan kedisiplinan untuk merawat rambut sebaik-baiknya.
Banyak orang yang rela melakukan perawatan mahal di salon guna mendapatkan rambut sehat, indah, dan berkilau. Namun bila keuangan Anda terbatas, Anda masih tetap dapat mendapatkan rambut sehat, indah, dan berkilau dengan cara merawat rambut secara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

cara mudah merawat rambut secara alami
Rambut Indah dan Berkilau (photo credit: mybeautyways.com)

Cara merawat rambut sendiri secara alami di rumah tidaklah sulit karena pengerjaannya pun mudah dan hanya menggunakan beberapa ahan alami yang mudah didapat dan ada di sekitar Anda. Selain mudah dan hemat, cara merawat rambut secara alami akan memuat Anda lebih aman karena terhindar dari efek samping bahan-bahan kimia.

Cara Mudah Merawat Rambut Secara Alami Sendiri di Rumah


Berikut ini adalah beberapa bahan alami dan cara penggunaannya untuk merawat rambut secara alami agar rambut sehat, indah, dan berkilau sepanjang hari.

1. Kemiri
Bumbu dapur ini berguna untuk menyuburkan rambut, memperkuat akar rambur dan membuat rambut tampak lebih hitam berkirau. Cara merawat rambut secara alami dengan kemiri dapat dilakukan dengan membakar beberapa buah kemiri hingga mengeluarkan minyak lalu tumbuk hingga halus dan oleskan secara merata pada kulit kepala. Biarkan rambut Anda lama 1-2 jam lalu bilas hingga bersih.

2. Lidah buaya
Merawat rambut secara alami menggunakan lidah buaya dengan teratur dapat menyuburkan rambut dan melebatkan rambut. Caranya dengan mengambil daging lidah buaya lalu tumbuk halus hingga mengeluarkan lendir. Oleskan lidah buaya ini pada kulit kepala dan rambut, lalu tutup rambut menggunakan handuk atau plastik dan diamkan semalaman. Cuci rambut hingga bersih pada keesokan harinya.
3. Madu
Cara merawat rambut secara alami menggunakan madu ini cukup efektif menyuburkan rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Usapkan 2-3 sendok madu secara merata pada rambut dan kulit kepala dan biarkan hingga mengering. Cuci rambut hingga bersih.
4. Santan kelapa
Santan kelapa sudah digunakan sejak jaman dahulu kala sebagai bahan pencuci rambut yang digunakan bersamaan dengan merang padi yang sudah dibakar. Manfaat santan kelapa pada rambut adalah mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut tampak lebih halus. Cara merawat rambut secara alami dengan santan kelapa dapat dilakukan dengan mengoleskan santan kelapa secara merata pada kulit kepala sambil dipijat lalu diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. 
Itulah 4 cara merawat rambut secara alami agar rambut sehat, indah, dan berkilau sepanjang hari. Bagaimana cukup mudah bukan? Namun perlu diingat agar Anda senantiasa memiliki rambut sehat, indah, dan berkilau sepanjang hari maka Anda harus disiplin untuk melakukan cara merawat rambut secara alami di atas dengan rutin.

 
Top