Penuaan dini merupakan hal yang paling ditakuti terutama oleh kaum wanita, yang biasanya ditandai dengan wajah kusam, kering, dan keriput sebelum waktunya. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya adalah dari makanan. Ada beberapa zat dalam makanan yang bila dikonsumsi berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Kira-kira apa saja ya makanan penyebab penuaan dini?

yang menyebabkan penuaan dini

Makanan Penyebab Penuaan Dini Yang Perlu Diwaspadai

1. Alkohol

Meminum alcohol selain diharamkan bagi umat muslim juga dapat menyebabkan Anda sulit tidur bila dikonsumsi di malam hari dan menjadi penyebab penuaan dini. Kurangnya kualitas tidur dapat menyebabkan pigmentasi kulit tidak merata, mengurangi elastisitas kulit, dan memicu terjadinya jerawat. Selain itu dapat membuat fungsi hati untuk detoksifikasi racun tubuh menurun.

2. Gula Pasir dan Permen

Gula dalam jumlah yang cukup memang sangat penting untuk tubuh namun bila dikosumsi berlebih maka akan jadi penyebab penuaan dini karena keberadaan gula yang bercampur dengan protein di dalam tubuh mampu merusak kolagen kulit. Makanan olahan dari gula seperti permen sebaiknya dihindari agar memiliki kulit awet muda dan mencegah terjadinya kerusakan gigi.

3. Pemanis Buatan

Makanan penyebab penuaan dini berikutnya adalah pemanis buatan seperti sakarin, siklamat, dsb. Banyak orang yang mengalihkan keinginan untuk mendapatkan rasa manis gula diganti dengan pemanis buatan dan ini adalah presepsi yan salah. Pemanis buatan justru lebih berisiko pada kesehatan tubuh dibandingkan gula alami. Jadi mulailah sekarang tinggalkan pemanis buatan agar tubuh lebih sehat.

4. Garam

Garam merupakan penyedap masakan dan juga merupakan komponen yang diperlukan tubuh. Namun penggunaaan garam berlebih dapat menjadi menyebabkan naiknya tekanan darah termasuk penyebab penuaan dini. Terlalu banyak makan garam membuat kulit kita cepat dehidrasi sehinga kulit menjadi cepat kering dan keriput.

5. Lemak / Minyak

Terlalu banyak mengkonsumsi lemak / minyak dapat menyebabkan tubuh mengalami kegemukan apalagi bila Anda termasuk orang yang jarang berolahraga. Inilah yang kemudian mempercepat penuaan dini.
Baca juga: 2 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Bebas Jerawat

6. Makanan Yang Dibakar

Jagung bakar, sate, ayam bakar ataupun ikan bakar sangat enak dimakan namun Anda harus hati-hati karena sisa pembakaran yang masih menempel pada makanan mengandung zat hidrokarbon pro-inflamasi yang mampu merusak kolagen tubuh Anda selain mengandung zat pemicu kanker (karsinogenik). Jadi sebisa mungkin hindarilah makanan yang dibakar untuk menhindari penyebab penuaan dini.

7. Kafein

Efek samping kafein dalam kopi dan teh membuat kita ingin selalu buang air kecil sehingga memicu terjadinya dehidrasi. Seperti yang telah dijelaskan, dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering keriput dan menjadi penyebab penuaan dini.

Itulah 7 makanan penyebab penuaan dini yang perlu Anda ketahui. Tapi ada satu lagi penyebab penuaan dini, bukan termasuk makanan tapi masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yaitu merokok.

Anda tentu sudah mengetahui penyakit apa saja yang ditimbulkan karena merokok? Ya zat-zat racun yang terkandung dalam rokok dapat menjadi penyebab penuaan dini, bukan hanya untuk Anda tapi orang-orang sekitar Anda.
 
Top