Memang banyak perubahan yang terjadi saat masa kehamilan, salah satunya adalah perut kembung. Perut kembung memang biasa terjadi pada ibu hamil namun seiring usia kehamilan, maka akan semakin sering terjadi yang dapat mengganggu kenyamanan ibu hamil itu sendiri. Bila Anda sedang hamil maka sebaiknya Anda mengetahu penyebab dan cara mengatasi perut kembung saat hamil ini agar Anda dapat merasa nyaman. 

cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil


Perut kembung adalah suatu kondisi dimana perut terasa penuh dan kencang, perutpun terasa lebih membesar. Penyebab perut kembung adalah banyaknya gas yang terperangkap dalam perut. Gas muncul saat proses penguraian makanan yang tak terserap tubuh di samping masuk melalui udara yang kita hirup. Gas perut tsb kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui sendawa dan kentut.

Perlu Anda ketahui, rata-rata orang akan buang gas dalam sehari sekitar 14-40 kali, dan ibu hamil akan mengalami buang gas lebih dari itu. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan ibu hamil apalagi bila ibu hamil tsb harus beraktivitas dan berinteraksi dengan orang lain, ditahan makin kembung, dikeluarkan malu. Lalu apa saja penyebab perut kembung saat hamil?

Berikut ini adalah beberapa penyebab perut kembung saat hamil:

1. Adanya bayi di dalam perut yang makin berkembang dan menekan perut Anda sehingga menyebabkan proses pencernaan melambat.

2. Meningkatnya hormon progesteron pada ibu hamil yang memberikan efek relaksasi pada otot tubuh termasuk otot saluran pencernaan.

Perlambatan proses pencernaan inilah yang menjadi penyebab perut kembung pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Ibu Hamil


Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil:

1. Hindari Makanan dan Minuman Pemicu Gas

Cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil yang pertama adalah menghindari makanan dan minuman pemicu timbulnya gas dalam perut. Contoh makanan yang memicu gas adalah kacang-kacangan, kubis, brokoli, kembang kol, makanan berlemak, goreng-gorengan, bawang bombay, daun bawang, apel, pir, gandum, susu dan produk olahannya. Sementara minuman yang memicu gas adalah minuman bersoda. Cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil yang sensitive pada susu dapat mengkonsumsi susu kedelai yang diperkaya kalsium atau susu bebas laktosa atau mengkonsumsi suplemen kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium.
 

2. Mengubah Cara Makan

Cara berikutnya dalam mengatasi perut kembung pada ibu hamil adalah dengan mengubah cara makan, yaitu:

- Usahakan untuk makan dan minum sambil duduk termasuk makan camilan. Makan dan minum sambil duduk akan mencegah perut mengalami sesak atau tergencet sehingga dapat mengatasi perut kembung pada ibu hamil.

- Cobalah untuk makan sedikit demi sedikit. Makan terlalu banyak setelah perut Anda kosong beberapa jam akan menyebabkan sulitnya proses pencernaan dan memerlukan waktu yang lama selain memperparah sakit maag. Cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil pun dapt dilakukan dengan mengunyah makanan dengan baik sebelum dikonsumsi sehingga proses pencernaan akan lebih mudah.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil yang dapat Anda lalukan. Bila perut kembung sudah terlanjur terjadi dan disertai dengan kram perut, diare atau sembelit yang mengganggu sebaiknya segera konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda.
 
Top