Kemunculan komedo seringkali menjadi pengganggu penampilan wajah Anda. Anda pun ingin sekali segera menghilangkan komedo tsb agar kulit wajah tetap bersih dan cantik. Sebelum saya mengulas cara mengatasi komedo sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab komedo.

penyebab komedo, cara mencegah komedo
Komedo

Penyebab Komedo


Komedo adalah benjolan kecil dan termasuk jenis jerawat ringan yang biasanya muncul di wajah, terutama sekitar hidung, namun kadang muncul juga di bagian punggung, dada, lengan, bahu, dan leher. 
Baca juga: Tips Jitu Mencegah dan Mengobati Jerawat di Punggung

Penyebab komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak / sebum. Warna komedo ini ada yang putih karena tertutup kulit, namun ada juga yang hitam karena terbuka.

Penyebab komedo tsb biasanya disebabkan beberapa faktor pemicu yang mungkin berbeda bagi setiap penderita. Faktor pemicu ini akan menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu penyebab jerawat:
  • Produksi minyak yang berlebihan pada tubuh
  • Adanya penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit 
  • Iritasi pada folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati 
  • Obat-obatan yang mengadung litium, androgen, dan kortikosteroid 
  • Produk kosmetik yang tidak tepat dan menyebabkan penyumbatan pori-pori 
  • Faktor genetika 
  • Perubahan hormonal misalnya terjadi saat masa remaja, saat menstruasi, atau pada wanita yang mengkonsumsi pil KB

Cara Mencegah Komedo


Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah komedo sebagai berikut:

  • Sebisa mungkin menghindari faktor pemicu
  • Jagalah kebersihan kulit, cucilah muka secara teratur setidaknya 2 kali sehari. (Baca juga: 2 Cara Merawat Wajah Berminyak dan Bebas Jerawat)
  • Pilih produk kosmetik yang berlabel “noncomedogenic”. Noncomedogenic artinya tidak menyebabkan komedo. 
  • Bila kondisi rambut Anda berminyak, cucilah tiap hari karena minyak dari rambut dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah. 
  • Gunakan masker dan scrub wajah alami untuk membersihkan sel kulit mati dan kotoran lainnya yang sulit dibersihkan dengan pembersihan biasa.

Cara Menghilangkan Komedo


Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo yang sering digunakan dan dapat menjadi pilihan Anda. Namun sebaiknya sebelum melakukan cara di bawah ini, konsultasikan lah dengan dokter akan keluhan yang Anda alami dan memeriksa apakah Anda memiliki alergi terhadap suatu terapi. 

Perawatan Sendiri Menggunakan Produk Bebas


Banyak produk yang diklaim dapat menghilangkan komedo dan dijual secara bebas. Produk tsb ada yang berbentuk krim, gel, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Pada umumnya cara kerja produk tersebut adalah mengurangi kelebihan minyak, membunuh bakteri, dan mendorong kulit untuk melepaskan sel kulit mati.

Saat Anda menggunakan produk bebas ini untuk menghilangkan komedo, pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaian, dan bila tidak memberikan hasil membaik setelah 3 bulan, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

Menggunakan Obat-Obatan dengan Pengawasan Dokter.


Penderita yang memeriksakan diri ke dokter kulit akan mendapatkan resep obat yang dapat menghilangkan komedo. Obat tsb tergolong kuat dibandingkan produk bebas, mampu mencegah terjadinya sumbatan, dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Dalam beberapa kasus komedo yang diiringi jerawat maka dokter mungkin akan memberikan kombinasi antibiotik.

Menggunakan Komedo Ekstraktor


Komedo ekstraktor adalah sebuah alat yang ditekankan ke pori-pori kulit untuk mengelurkan isi sumbatan komedo. Bila Anda ingin menggunakan cara menghilangkan komedo ini, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit atau dermatologis, namun ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, munculnya jaringan parut, kerusakan jaringan, dan kembali munculnya komedo.

Pengelupasan Kulit


Pengelupasan kulit terluar akan menghilangkan komedo dengan cara melepas sumbatan penyebab komedo dan menghilangkan sel kulit mati. Anda dapat menggunakan scrub wajah atau exfoliator.

Anda pun dapat menggunakan teknik mikrodermabrasi yaitu proses pengelupasan kulit dengan alat khusus yang dilakukan oleh seorang dokter.

Terapi Laser


Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo adalah terapi laser dan cahaya (light and laser therapy). Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan atas kulit, sekaligus membunuh bakteri dan menurunkan produksi minyak.

Itulah informasi yang perlu diketahui seputar penyebab komedo, cara mencegah komedo, dan cara menghilangkan komedo. Kemunculan komedo di wajah memang dapat mengganggu penampilan, namun sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum melakukan perawatan kulit karena bisa saja menyebabkan alergi atau risiko lainnya.
 
Top