Pada masa kehamilan terjadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan kecantikan. Beberapa masalah yang sering terjadi pada ibu hamil adalah timbulnya jerawat, kulit wajah tampak kusam, timbul flek-flek hitam, dan gangguan di bagian payudara. Agar tetap sehat dan cantik maka perlu dilakukan perawatan kecantikan untuk ibu hamil.

Namun Anda perlu waspada karena perawatan kecantikan untuk ibu hamil agak berbeda saat Anda tidak hamil. Anda harus hati-hati menggunakan bahan kosmetik agar tidak mengganggu pertumbuhan dan kesehatan janin. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah beberapa tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil.

perawatan kecantikan untuk ibu hamil

Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil pada Bagian Kulit dan Wajah


Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kecantikan kulit wajah selama kehamilan:

1. Terus lakukan perawatan wajah secara rutin, misalnya membersihkan bekas make up dan mencuci wajah sebelum tidur.

2. Untuk menghindari / mengatasi timbulnya jerawat dan flek-flek hitam pada wajah selama kehamilan dapat dilakukan facial secara rutin. Untuk hasil yang optimal, sangat disarankan melakukan perawatan kecantikan untuk ibu hamil dengan cara facial ini setidaknya 2-4 minggu sekali mulai dari awal kehamilan.

3. Sebelum melakukan perawatan kecantikan untuk ibu hamil harus dipastikan bahwa pembersih wajah yang digunakan adalah bebas dari kandungan sabun dan gliserin untuk mencegah terjadinya kulit kering.

4. Sangat disarankan juga untuk menggunakan pelembab dengan SPF 15 dan anti UV sehingga kulit akan terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

5. Harap hati-hati dalam memilih produk kosmetik perawatan kecantikan untuk ibu hamil dan disarankan untuk tidak memakai make up tebal selama masa kehamilan. Anda sebaiknya menghindari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil seperti retinoid, Accutane, dan asam salisilat atau konsultasikan dulu ke dokter langganan Anda mengenai produk kosmetik yang aman dan cara penggunaannya.

6. Tidak dianjurkan untuk melakukan body treatment / perawatan kecantikan untuk ibu hamil yang dapat memicu peningkatan suhu tubuh seperti steam, sauna, dan body wrapping. Perlu diketahui, suhu tubuh yang tinggi bisa saja menimbulkan cacat bawaan pada janin dan mungkin saja menyebabkan keguguran. Jika Anda ingin berendam dalam air hangat, pastikan suhu air tidak lebih dari 37 derajat celcius.

Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil pada Bagian Payudara


Payudara yang tidak terawat selama masa kehamilan dapat mengakibatkan terhambatnya pengeluaran air susu ibu setelah proses persalinan, puting susu tidak menonjol saat akan menyusui, dan bahkan terjadinya infeksi yang ditandai dengan pembengkakan pada payudara.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil pada bagian payudara:

1. Lakukan pemijatan dan pembersihan area puting payudara secara teratur.

2. Disarankan untuk memakai bra yang longgar namun mampu menopang payudara dengan sempurna. Sebaiknya hindari pemakaian bra yang terlalu ketat dan menekan payudara karena dapat menghambat proses produksi air susu ibu (ASI).

Perawatan Kecantikan untuk Ibu Hamil dari Dalam


Selain perawatan kecantikan dari luar, perawatan kecantikan untuk ibu hamil dari dalam juga sangat diperlukan. Perawatan ini meliputi memberikan asupan kaya nutrisi seperti vitamin yang terkandung pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit sehingga tubuh dan wajah Anda akan selalu tampak segar walaupun sedang hamil. Beberapa vitamin seperti vitamin A dan C dapat bertindak sebagai antioksidan yang memerangi aneka radikal bebas penyebab gangguan kulit. Vitamin A dapat diperoleh secara alami dari kuning telur, ikan, mangga, wortel, jeruk, dan apel. Sementara untuk vitamin C dapat didapatkan secara alami dari buah kiwi, lemon, jambu biji, jeruk dan pepaya.

Itulah beberapa tips perawatan kecantikan untuk ibu hamil baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Semoga bermanfaat ..

 
Top