Cara merawat kuku agar tetap cantik dan tidak mudah patah memang perlu Anda ketahui. Kuku bersih, cantik, dan tidak mudah patah dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya loh. Nah agar Anda tetap memiliki rasa percaya diri yang tinggi maka Anda perlu melakukan perawatan kuku.

Ada banyak cara merawat kuku agar tetap cantik dan mudah patah. Cara yang paling mudah adalah melakukan perawatan kuku di salon seperti manicure dan pedicure. Merawat kuku di salon sebaiknya dihindari karena kadangkala penggunaan bahan kimia pada kuku justru menyebabkan kuku menjadi rapuh / mudah patah dan bahkan alat perawatan yang kurang bersih saat digunakan dapat memicu terjadinya infeksi kuku. Bila Anda memang ingin melakukan perawatan kuku di salon sebaiknya Anda membawa sendiri peralatannya.

Sebetulnya ada cara merawat kuku yang paling aman dan hemat biaya yaitu melakukan perawatan kuku sendiri di rumah. Kenapa lebih aman karena kebersihan peralatan yang digunakan pastinya sudah Anda ketahui dan bukan bekas orang lain. 
cara perawatan kuku sendiri di rumah
image credit: huffingtonpost.com

Cara Merawat Kuku Sendiri di Rumah Agar Cantik dan Tidak Mudah Patah


Berikut ini adalah bebarapa cara perawatan kuku yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah sehingga tetap cantik, kuat, dan tidak mudah patah.

1. Gunting Kuku Secara Teratur

Cara merawat kuku sendiri yang pertama adalah dengan rajin menggunting kuku. Kuku yang panjang akan mudah menyimpan kotoran dan berbahaya menusuk bagian tubuh lainnya. Kuku kaki yang panjang dapat berpotensi menusuk kulit kaki sehingga dapat menyebabkan rasa sakit saat tersentuh dsb. Selain itu kuku panjang terlihat kurang rapi dan bersih.

2. Gunakan Kikir Untuk Menghaluskan Ujung Kuku

Cara merawat kuku berikutnya adalah dengan menghaluskan ujung kuku menggunakan kikir setelah Anda selesai menggunting kuku sehingga tidak ada bagian kuku yang kasar yang mampu melukai bagian tubuh lainnya.

3. Gunakan Pelembab

Selain merawat kuku, kutikula pun harus dilakukan perawatan. Anda dapat menggunakan pelembab agar kulit kutikula tidak mudah kering.

4. Gunakan Minyak Zaitun Agar Kuku Tidak Mudah Patah

Minyak zaitu memiliki kandungan yang mampu membuat kuku lebih kuat. Cara merawat kuku sendiri dengan minyak zaitun ini cukup dengan mengoleskan minyak pada kuku lalu diamkan hingga 15 menit. Bila diperlukan lakukan cara ini 2 hari sekali hingga kuku nampak lebih kuat, tebal, dan tidak mudah patah.

5. Melakukan Menicure / Pedicure

Salah satu cara merawat kuku agar tetap cantik dan tidak mudah patah adalah dengan melakukan manikur / padikur. Bila Anda terbiasa melakukannya di salon, sekarang saatnya Anda melakukannya di rumah Anda sendiri.

Alat / Bahan yang diperlukan:

  • Baskon ukuran sedang 2 buah
  • Gunting kuku 
  • Gunting kutikula 
  • Alat kikir kuku 
  • Batu apung / batu bata halus 
  • Sikat halus 
  • Handuk 
  • Air panas dan air dingin 
  • Sabun cair 
  • Cat kuku, bila diperlukan
  • Nail polish, bila diperlukan 
  • Minyak zaitun (khusus untuk perawatan tubuh) 
  • Garam sesuai kebutuhan 
  • Jeruk lemon 3 iris

Cara Merawat Kuku Dengan Manikur / Padikur:

  1. Apabila Anda menggunakan pewarna kuku, bersihkan dulu warna kuku dengan cairan pembersih khusus.
  2. Ambil irisan jeruk lemon lalu oles dan gosokkon pada kuku selama 5-10 menit. 
  3. Masukkan air hangat secukupnya pada baskom pertama lalu masukkan garam, sabun, potongan lemon, dan minyak zaitun. 
  4. Rendam tangan Anda selama kurang lebih 15–20 menit. 
  5. Keringkan tangan Anda menggunakan handuk. 
  6. Gunting kuku sesuai selera dan kikir ujung kuku. 
  7. Gunting kutikula secara hati-hati dan bersihkan kuku menggunakan sikat halus.
  8. Rendam kaki Anda seperti cara no. 4 sementara tangan Anda rendam pada baskom yang telah berisi air dingin. 
  9. Gosok sel kulit mati di kaki menggunakan batu apung lalu lanjutkan menggosok menggunakan tangan hingga kotoran hilang. 
  10. Lakukan cara no. 5-7 pada kuku kaki Anda dan dilanjutkan dengan perendaman kaki pada baskom air dingin hingga 20 menit. 
  11. Keringkan kuku menggunakan handuk sambil memberikan pijatan ke jari-jari tangan dan kaki sehingga aliran darah lancar. 
  12. Bila diperlukan, Anda dapat mewarnai kuku sesuai selera.
Itulah cara merawat kuku secara manikur / padikur sendiri. Bagaimana mudah bukan?  Ternyata lemon selain baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata dapat pula digunakan untuk merawat kuku.
Baca juga: Dahsyatnya Minum Air Lemon dan Madu Hangat untuk Kesehatan Tubuh

6. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kuku

Kuku yang rapuh dapat pula disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Oleh karena itu selain melakukan cara merawat kuku dari luar maka kita pun harus memperhatikan asupan gizi yang kita makan. Beberapa makanan yang mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, coklat, telur, keju, kepiting, dan daging tanpa lemak sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku.

Itulah 6 cara merawat kuku sendiri agar tetap cantik, bersih, dan tidak mudah patah. Saat Anda membersihkan bagian dalam kuku harus hati-hati agar tidak terjadi luka sehingga memicu terjadinya infeksi kuku.
 
Top