Telapak kaki pecah-pecah biasanya menyerang bagian tumit seringkali terjadi dan membuat rasa percaya diri kita menurun. Kita pun enggan menggunakan sandal dan lebih sering menggunakan kaus kaki dan sepatu. Tahukah Anda apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah tsb
cara-mengatasi-tumit-pecah-pecah-javatalk.info
image credit: anekatipswanita.com


Penyebab Telapak Kaki Pecah-Pecah


Agar lebih mudah mengatasi telapak kai pecah-pecah maka kita harus mengetahui penyebabnya. Pada umumnya, telapak kaki pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit kaki yang kering dan kurang lembap. Namun selain itu masih terdapat penyebab telapak kaki pecah-pecah lainnya seperti adanya aktivitas yang berlebihan dengan kaki sehingga terjadi penebalan yang kita kenal sebagai kapalan. Berikut ini adalah penyebab telapak kaki pecah-pecah yang sering terjadi:
  • Keadaan menjaga kebersihan kulit kaki, seperti membersihkan bagian telapak kaki.
  • Faktor cuaca, seperti cuaca dingin dan cahaya matahari yang sering merusak kelembaban kulit. 
  • Kekurangan nutrisi untuk kesehatan kulit seperti vitamin, mineral, zat besi dan seng. 
  • Terlalu lama berdiri seringkali menyebabkan tumit mudah retak. 
  • Kaki yang terkena air terus menerus terutama bila Anda berjalan di tempat berair atau berdiri lama di tempat lembab seperti di kamar mandi dapat menyebabkan kehilangan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dan kasar. 
  • Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada lemak yang berada di bawah tumit sehingga kulitpun melebar ke samping. Pada kulit kering yang tidak memiliki fleksibilitas maka tekanan tsb akan menyebabkan tumit pecah-pecah. 
  • Semakin bertambah umur Anda maka faktor elastisitas kulit semakin berkurang, dengan demikian semakin mudah mengalamai telapak kaki pecah-pecah. 
  • Penyakit kaki dan penyakit lainnya yang mengganggu pada kaki seperti eksim, psioriasis, diabetes, penyakit tiroid, dan kondisi lainnya sehingga menyebabkan kondisi kulit kaki pecah-pecah.
Itulah beberapa penyebab telapak kaki pecah-pecah yang perlu Anda ketahui. Setelah Anda mengetahui penyebabnya, maka Anda pun akan lebih mudah mengetahui cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah tsb.

Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah


Berikut ini adalah beberapa tips / cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah yang dapat Anda coba:

A. Cara Mencegah Telapak Kaki Pecah-Pecah


Cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah yang pertama adalah dengan mengetahui pencegahannya yaitu sbb:
  • Bersihkan kaki termasuk telapak kaki setiap kali Anda pulang berpergian, pastikan kaki Anda bersih terbebas dari kotoran.
  • Gunakan body lotion untuk melembapkan kulit kaki setiap kali Anda selesai mandi. 
  • Hindari berjalan kaki tanpa alas, sebisa mungkin gunakan sepatu untuk melindungi telapak kaki Anda dari faktor cuaca seperti udara dingin dan cahaya matahari. Untuk pemilihan alas kaki pun harus hati-hati, gunakan dengan ukuran yang pas dan berbahan lembut di kaki sehingga nyaman digunakan. 
  • Jangan terlalu lama merendam kaki atau berdiri di tempat basah atau lembab. Saat mencuci pakaian atau membersihkan kamar mandi, pastikan kaki Anda terlindung dengan baik dan air sabun / detergen tidak mengenai kaki. Kandungan dalam sabun seringkali membuat kulit Anda mudah kering. 
  • Lakukan latihan pada kaki, seperti berjalan kaki, jogging, ataupun berlari untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kaki dan meningkatkan elastisitas kulit kaki. (Baca: 7 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui)
  • Selain melakukan olah raga, Anda pun dapat mengatasi telapak kaki pecah-pecah dengan cara merendam telapak kaki Anda di air hangat yang ditambahkan air lemon untuk membantu sirkulasi darah dan merontokkan kulit mati.

B. Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dari Luar


Beberapa baham alami yang ada di sekitar kita dapat kita manfaatkan untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah menjadi mulus kembali.

1. Gunakan Getah Kulit Buah Pepaya Muda
Getah papaya sangat baik digunakan untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah. Rendam kaki Anda dalam air hangat yang telah dicampur sedikit garam, kemudian oleskan getah kulit buah pepaya muda pada tumit atau bagian telapak kaki lainnya yang pecah-pecah secara merata. Bila Anda tak memiliki buah papaya muda, Anda dapat menggantinya dengan mentimun, jeruk nipis, minyak zaitun, atau ampas kopi. Biarkan hingga mengering lalu cuci bersih.

2. Gunakan Pasta Pisang
Cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah menggunakan pasta pisang dilakukan dengan cara menghaluskan pisang matang secukupnya lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit kaki yang pecah-pecah lalu biarkan hingga 10 menit atau sampai kering. Setelah itu cucilah kaki. Pasta pisang akan menutrisi dan melembabkan kulit kaki.

3. Gunakan Pasta Avocado
Avocado / alpukat memang memilki nilai gizi yang tinggi. Selain menggunakan pisang, untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah pun dapat menggunakan pasta avocado. Caranya hampir sama, yaitu haluskan buah alpukat yang matang kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit yang pecah-pecah hingga mengering atau sekitar 10 menit, kemudian cuci bersih.

4. Gunakan Petroleum Jelly
Selain menggunakan pasta dari buah, Anda pun dapat menggunakan petroleum jelly di malam hari seperti yang banyak disarankan para ahli kecantikan untuk memperbaiki kondisi kulit kaki yang rusak. Oleskan setiap malam sebelum tidur pada seluruh permukaan kulit kering untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah.

5. Gunakan Lidah Buaya
Siapa yang tak kenal lidah buaya? Tanaman ini memang sering dimanfaatkan untuk melembabkan rambut, namun tak hanya itu Anda pun dapat memanfaatkan daging buah lidah buaya untuk melembabkan dan menutrisi kulit serta mengatasi telapak kaki pecah-pecah. 


C. Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dari Dalam


Salah satu penyebab kulit kering dan pecah-pecah adalah kurangnya nutrisi, oleh karena itu kita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah ini dengan cara memenuhi kebutuhan cairan dan menerapkan pola diet seimbang dengan sayuran dan buah-buahan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit seperti:
  • Makanan yang kaya vitamin E seperti minyak sayur, sayuran hijau, sereal, gandum, produk gandum dan kacang-kacangan.
  • Makanan yang kaya mineral seperti susu, keju, yogurt, susu kambing, susu kedelai, sereal, daging, ayam, ikan, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan, dll. 
  • Makanan kaya Omega 3 seperti ikan air berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Itulah beberapa penyebab, cara mencegah tumit retak, dan cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah yang dapat Anda coba praktekan di rumah. Perlu diingat bahwa cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah secara alami tsb memerlukan kedisiplinan dan ketekunan Anda. 
Bila kondisi telapak kaki Anda parah, sampai terasa perih dan berdarah, sebaiknya segera konsultasikan dulu ke dokter untuk mencegah terjadinya infeksi dan mengatasi telapak kaki pecah-pecah tsb. Semoga bermanfaat ..

 
Top