Sakit leher kadang bisa seringkali terjadi pada kita bila kita tidak memperhatikan posisi leher yang baik misalnya terlalu banyak menunduk, atau salah bantal saat tidur. Gejala sakit yang diderita biasanya akan membaik dalam beberapa hari dan jarang sekali gejala ini menyebabkan suatu kondisi kesehatan yang lebih serius.

Walaupun demikian, rasa sakit leher yang timbul seringkali datang mengganggu. Untuk itu saya mengajak Anda semua untuk mengetahui penyebab, cara mencegah, dan cara mengatasi sakit leher agar tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

cara mencegah sakit leher
image credit: active.com

Apa Itu Sakit Leher?


Agar kita memiliki pengertian yang sama tentang sakit leher yang dimaksud dalam artikel ini, tidak ada salahnya bila saya mengulas sedikit tentang pengertian sakit leher.

Sakit leher adalah suatu kondisi / gejala sakit yang biasa muncul mulai dari sisi bawah kepala hingga sisi atas bahu Anda dan dapat menyebar hingga ke lengan serta punggung bagian atas. Akibatnya, leher Anda terasa kaku dan sulit digerakkan. 
Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati

Apa Saja Penyebab Sakit Leher?


Banyak orang yang mengaitkan sakit leher dan pundak karena tingginya kolesterol darah. Namun untuk menentukan penyebab yang tepat perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap penyakit yang dicurigai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit leher, yaitu:

1. Salah Postur Leher
Penyebab sakit leher yang utama adalah kesalahan postur leher yang mungkin tidak Anda sadari, misalnya posisi tidur yang salah, terlalu banyak bekerja di depan komputer / laptop dimana posisinya kurang ergonomis, terlalu sering menunduk / menengadah / menoleh ke satu sisi.

Leher kaku juga dapat disebabkan bila Anda tidur tanpa penopang leher, atau membawa tas / beban berat hanya di salah satu lengan saja.

2. Ketegangan
Rasa stress, tekanan pekerjaan dll dapat memicu ketegangan di area leher dan kepala sehingga dapat menjadi penyebab sakit leher.

3. Saraf Terjepit 
Penyebab sakit leher karena saraf terjepit seringkali dialami oleh para orang tua yaitu dimana kandungan air mulai menurun akibatnya tulang belakang menjadi kurang lentur dan ada yang bergerser, demikian pula dengan saraf yang ada di dekatnya ikut terganggu dan terjadilah saraf terjepit atau bahasa kedokterannya spondilosis servikal.

4. Cedera 
Terjadi cedera pada bagian leher seperti karena kecelakaan, terjatuh, pukulan, ataupun karena olahraga dapat pula menjadi penyebab sakit leher. Istilah umum “whiplash” seringkali digunakan untuk menjelaskan terjadinya cedera leher karena hentakan kepala secara mendadak ke satu arah.

5. Kondisi Lainnya
Selain penyebab sakit leher yang telah disebutkan di atas, masih terdapat kondisi lain yang dapat menyebabkan sakit pada area leher seperti penyempitan jalur saraf tulang belakang, flu, meningitis (radang pada selaput otak), rheumatoid arthritis (sakit sendi), fibromyalgia (sakit pada otot dan jaringan lunak), kanker dan HIV (karena melemahnya sistem kekebalan tubuh). 
Baca juga: Ternyata Ini Loh Penyebab Sering Buang Air Kecil

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Leher?


Setelah kita sudah mengetahui penyebab sakit leher yang terjadi maka akan dengan mudah kita dapat melakukan cara pencegahan dan cara mengatasi sakit leher.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit leher:
  1. Carilah posisi dan postur tubuh yang baik termasuk postur leher saat berdiri, duduk, maupun saat tidur.
  2. Hindari memaksa leher Anda berada di posisi yang sama dalam waktu lama, bila Anda memang diharuskan seperti itu misalnya karena pekerjaan Anda mengharuskan menggunakan komputer terus menerus maka lakukanlah istirahat tiap jam sekitar 3-5 menit hanya untuk melemaskan otot leher dan mata misalnya dengan menggerakan bahu dan menggerakkan kepala. 
  3. Sesuaikan tinggi meja, kursi, dan komputer sedemikian hingga layar monitor sejajar dengan mata. Posisi lutut sebaiknya dibuat lebih rendah dari pinggul saat duduk dan gunakan sandaran tangan di kursi Anda. 
  4. Hindari menggunakan alas tidur yang terlalu empu untuk menghidari posis leher bengkok saat tidur. 
  5. Gunakan bantal secukupnya hanya untuk menopang leher Anda agar kepala sejajar dengan tubuh Anda dan hindari posisi tidur tengkurap karena akan memberikan tekanan pada leher Anda yang lebih kuat. 
  6. Saat menggunakan telpon, hindari kebiasaan menjepit telepon di antara telinga dan bahu.

Cara Mengatasi Sakit Leher


Sakit leher yang normal akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun dalam kondisi terntentu dimana rasa sakit yang Anda alami sangat parah dan tidak membaik dalam seminggu maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasikan pada dokter kepercayaan Anda.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada leher Anda yang sakit dan menanyakan beberapa pertanyaan seputar penyebab sakit leher tsb. Bila dicurigai ada kondisi serius maka biasanya dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan penyebab sakit leher yang Anda alami, seperti tes pencitraan (sinar X, CT scan, MRI), tes saraf (elektromiografi / EMG), tes darah, tes pungsi lumbal (dengan mengambil sampel dari cairan serebrospinal untuk memastikan Anda tidak mengalami infeksi meningitis).

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit leher:

1. Gunakan Bantal Keras dan Rendah
Cara mengatasi sakit leher yang pertama adalah mengguankan bantal yang keras dan rendah sehingga dapat membantu mengembalikan posisi leher yang benar. Bantal yang terlalu tinggi akan membuat leher Anda semakin sakit karena posisi leher terlalu membungkuk.

2. Latihan Khusus untuk Leher
Peregangan otot leher dengan cara memiringkan kepala ke kiri dan kanan atau mencondongkan kepala ke atas dan bawah dapat melemaskan dan memperkuat otot leher sehingga mampu mengatasi sakit leher kaku yang diderita.

3. Kompres Air Hangat
Mengompres leher dengan air hangat mampu meningkatkan sirkulasi darah di area leher, meredakan kram dan mengatasi sakit leher.

4. Hindari Aktivitas yang Perlu Banyak Gerakan Leher
Untuk sementara waktu, sebaiknya hindari mengemudi saat Anda sedang sakit leher, selain cara ini dapat mempercepat penyembuhan juga sangat baik untuk keselamatan berkendara Anda.

5. Terapi Pengobatan
Bila rasa sakit yang diderita tidak dapat Anda kendalikan, maka Anda dapat menkonsultasikan kondisi Anda pada dokter kepercayaan Anda. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit untuk mengatasi sakit leher yang Anda alami.

Selain obat, dokter pun Akan melakukan terapi fisik pada leher Anda untuk mengembalikan fungsi otot dan meningkatkan kekuatan otot leher Anda.

Namun jika rasa sakit yang diderita cukup parah maka dokter biasanya akan memberikan suntikan steroid untuk meredakan rasa sakit. Dapat pula dokter menyarankan operasi untuk mengatasi sakit leher yang Anda alami karena tekanan saraf tulang belakang, namun kasus ini jarang terjadi.

Itulah penyebab, pencegahan, dan cara mengatasi sakit leher yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ...
 
Top