Cara menurunkan tensi darah tinggi secara alami adalah cara yang paling banyak dicari oleh penderita hipertensi / tensi tinggi. Hipertensi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kenaikan tekanan darah pada pembuluh darah dalam periode waktu tertentu. Kenaikan tensi ini dapa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah karena adanya timbunan lemak, plak, dan zat-zat lain.

Seseorang dapat dikatakan mengalami hipertensi bila hasil pengukuran tekanan darahnya cenderung melebihi tekanan darah normal yaitu bila sudah mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Bila penyakit darah tinggi ini dibiarkan maka sangat berisiko sekali pada kesehatan karena dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan stroke. Untuk itu bila seseorang memiliki tekanan darah di atas 120/80 mmHg dan mendekati 140/90 mmHg harus berusaha mencegah kenaikan tensi darah lebih tinggi lagi apalagi bila tekanan darah sudah di atas 140/90 mmHg maka perlu dilakukan cara menurunkan tensi darah secara cepat sebelum terjadi kerusakan organ tubuh yang fatal.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tensi, yaitu secara alami dan menggunakan obat-obatan. Bila Anda memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg saya sarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter kepercayaan Anda untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang cepat karena obat-obatan paten yang diresepkan dokter biasanya memiliki efek yang cepat untuk menurunkan tekanan darah.

Namun bila tekanan darah Anda masih dikatakan pra-hipertensi atau belum mencapai 140/90 mmHg, maka Anda dapat menggunakan cara menurunkan tensi secara alami menggunakan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar kita, lebih murah dan aman. 
 
Baca juga: Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasi Sakit Leher Yang Perlu Diketahui

Cara Menurunkan Tensi Secara Alami


Agar dapat menurunkan tekanan darah secara alami maka Anda perlu menghilangkan faktor pencetus penyakit hipertensi, yaitu dengan cara sbb:

1. Pola Makan Sehat


Menggunakan pola makan sehat dengan gizi seimbang sangat disarankan untuk semua orang termasuk penderita hipertensi. Perbanyaklah makan buah dan sayuran yang kaya serat dan hindarilah makanan berlemak. Selain itu kurangilah konsumsi garam sebagai cara menurunkan tensi darah secara alami, seperti konsumsi garam dapur, mengkonsumsi saus, dan membatasi makanan yang mengandung garam seperti daging dan keju.

2. Perbanyak Asupan Kalium


Salah satu penyebab hipertensi adalah karena banyaknya natrium di dalam darah. Oleh karena itu cara menurunkan tensi darah berikutnya adalah memperbanyak asupan kalium / potassium selain membatasi asupan natrium / sodium. Asupan kalium yang terkandung pada buah-buahan dan sayuran seperti pisang, alpukat, mentimum, seledri, lidah buaya, dll mampu menggantikan natrium yang ada di dalam darah.

3. Gaya Hidup Sehat


Cara menurunkan tensi secara alami berikutnya adalah dengan melakukan gaya hidup sehat, seperti olah raga secara teratur, mengurangi konsumsi alcohol, berhenti merokok, dan hindari pikiran negative penyebab stress.

4. Jus Penurun Hipertensi


Untuk menyembuhkan suatu penyakit kadang kala kita seringkali mencari obat di tempat yang jauh, padahal biasanya obat-obatan tsb berada di sekitar kita. Seperti halnya cara menurunkan tensi darah secara alami dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jus penurun hipertensi secara teratur.

Ya seledri dan bawang putih sudah dipercaya dari jaman dahulu kala sebagai bahan alami yang mudah diperoleh di sekitar kita dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk pembuatan dan penggunaannya yuk langsung saja di simak di bawah ini:

Cara Menurunkan Tensi Darah Menggunakan Jus Seledri
Seledri sangat kaya akan kalium yang sangat baik untuk menurunkan tensi darah serta memiliki suatu zat yang mampu melebarkan otot-otot pembuluh darah arteri.

Untuk membuat jus anti hipertensi cukup dengan mengambil segenggam seledri yang telah dicuci bersih lalu jus menggunakan blender dalam 1 gelas air matang, saring lalu minum air perasannya sehari sekali setelah sarapan. Lakukan pengecekan tekanan darah secara teratur selama konsumsi jus anti hipertensi ini. Biasanya tekanan darah akan normal kembali setelah meminum jus seledri ini 1-2 minggu.

Cara Menurunkan Tensi Darah Menggunakan Jus Bawang Putih
Senyawa alisin yang terkandung dalam bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah dan mencegah terjadinya gumpalan darah penyebab hipertensi. Bawang putih juga sangat baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

Bawang putih yang memiliki khasiat tinggi adalah jenis bawang lanang yaitu bawang putih bersiung tunggal, namun sayangnya jenis bawang seperti ini memang agak langka.

Untuk menggunakan bawang putih untuk menurunkan tensi darah maka Anda perlu mengambil 3 siung bawang putih yang masih segar, lalu kupas dan cuci bersih. Tumbuk bawang putih tsb sampai halus lalu peras dan tambahkan air matang secukupnya lalu diminum. Minumlah 3 kali sehari dan lakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur.

Anda pun dapat menggunakan bawang putih untuk menurunkan tensi darah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau berbarengan dengan nasi, dsb.

Bila Anda telah menggunakan jus anti hipertensi tsb selama 2 minggu namun tekanan darah Anda masih tetap tinggi, sangat disarankan pada Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter kepercayaan Anda karena kemungkinan besar ada penyebab lainnya yang perlu diketahui terlebih dahulu.

Itulah cara menurunkan tensi darah secara alami, semoga bermanfaat. Bila Anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya ke teman dan keluarga Anda.
 
Top