Kaki yang bengkak biasanya disebabkan karena adanya penumpukan cairan pada daerah kaki dan biasanya diderita oleh para ibu hamil. Walaupun demikian, penyebab kaki bengkak ini dapat saja suatu penyakit yang serius.

Penyebab Kaki Bengkak


Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mudah Mengatasi Pembengkakan Kaki
image credit: wisegeekhealth.com



Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan kaki yaitu:

1. Kehamilan


Seperti yang telah disinggung di atas, penyebab kaki bengkak yang paling umum adalah kehamilan dan dapat dikategorikan masih normal. Pembengkakan tsb karena adanya bayi dalam kandungan yang terus tumbuh membesar sehingga menekan pembuluh darah besar di pangkal paha dan itulah sebabnya di bulan-bulan terakhir masa kehamilan sering terjadi pembengkakan kaki.

Walaupun penyebab kaki bengkak karena kehamilan ini dikategorikan normal, para ibu hamil harus tetap hati-hati dan waspada apalagi bila terjadi pembengkakan pula di betis dan bila ditekan meninggalkan bekas lekukan karena bisa jadi Anda mengalami preeklamsia yang bila tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bahkan risiko kematian janin pun meningkat.

Anda pun patut waspada bila pembengkakan tsb hanya terjadi pada satu kaki dan betis menjadi memerah karena dapat saja menunjukkan adanya gumpalan di pembuluh darah.

2. Cedera


Cedera pada kaki ataupun pergelangan kaki adalah penyebab kaki bengkak yang bisa terjadi pada siapa saja. Saat pergelangan kaki Bila Anda mengalami cedera, misalnya terbentur atau terkilir maka ligament (yaitu semacam pita yang menghubungkan tulang dengan tulang) dapat merenggang melampaui batas normal dan terjadilah pembengkakan.

3. Limfedema / Gangguan Pada Pembuluh Getah Bening


Limfedema dapat saja menjadi penyebab kaki bengkak karena gangguan pada pembuluh getah bening ini dapat menghambat peredaran cairan pada kaki sehingga cairan tsb menumpuk dan tampak bengkak.

4. Infeksi


Penyebab kaki bengkak berikutnya adalah karena infeksi namun kaki bengkak karena infeksi ini paling sering dialami oleh penderita diabetes dan yang memeliki masalah saraf pada kaki. Bila Anda seorang penderita diabetes harap diperhatikan untuk mencegah bagian tubuh terkena lecet dan luka.

5. Pembekuan Darah


Pembekuan darah terutama yang terjadi di pembuluh darah pada kaki akan mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung terhambat. Penumpukan darah beku ini dapat menjadi penyebab kaki bengkak.

6. Insufisiensi Vena


Insufisiensi vena adalah suatu kondisi dimana darah tidak dapat bergerak naik dari kaki ke jantung. Kondisi ini merupakan penyebab kaki bengkak dan bila tidak ditangani dengan baik maka dapat mengakibatkan borok, infeksi, dan perubahan pada kulit kaki.

7. Penyakit Lainnya


Selain kondisi di atas, penyebab kaki bengkak dapat mengindikasikan penyakit lainnya seperti penyakit ginjal, jantung, tekanan darah tinggi, atau hati. Ketika terjadi gangguan pada fungsi ginjal maka cairan dapat menumpuk di kaki dan mengakibatkan pembengkakan.
Baca juga: Cara Menurunkan Tensi Darah Tinggi Secara Alami

8. Efek Samping Obat


Beberapa obat yang dikonsumsi dapat menjadi penyebab kaki bengkak, seperti obat steroid, obat antiinflamasi non-steroid, obat antidepresan, obat diabetes, obat untuk tekanan darah, dan penggunaan alat kontrasepsi oral.

9. Penyebab Lainnya


Penyebab kaki bengkak lainnya adalah seperti berdiri terlalu lama, mengendarai mobil atau melakukan perjalanan pesawat dalam waktu lama, kelebihan berat badan, atau bagi para wanita yang sedang mengalami menstruasi. Kelebihan berat badan pun dapat memicu terjadinya kaki pecah-pecah loh.
Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah Secara Alami


Cara Mengatasi Pembengkakan Kaki


Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kaki bengkak, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa cara mudah untuk mengatasi pembengkakan kaki.

  • Turunkan berat badan jika berlebihan.
  • Hindari terlalu lama berdiri. 
  • Lakukan olahraga ringan yang menggerakkan kaki sehingga peredaran darah di kaki lebih lancar.
  • Kurangi asupan garam. 
  • Kompres kaki dengan es batu yang dibalut handuk. 
  • Berbaring lalu angkat kaki ke atas. 
  • Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama pada bagian paha. 
  • Gunakan stoking kompresi.
Untuk mengatasi penyebab kaki bengkak karena efek samping obat, maka konsultasikanlah ke dokter mengenai efek samping yang Anda alami untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sementara untuk mengatasi penyebab kaki bengkak karena penyakit, maka dengan pengobatan yang teratur dan Anda pun sembuh dari penyakit Anda maka kaki bengkak pun akan hilang dengan sendirinya.

Itulah beberapa penyebab kaki bengkak dan cara mengatasi pembengkakan kaki yang mudah yang perlu Anda ketahui. Bila dengan cara di atas kondisi kaki Anda makin parah maka segeralah periksakan diri ke dokter kepercayaan Anda. Semoga bermanfaat ...
 
Top