Bernafas merupakan kebutuhan vital bagi setiap makhluk hidup. Oleh karena itu setiap gangguan pernafasan akan menyebabkan kualitas hidup seseorang akan menurun, apalagi bila seseorang sering mengalami gangguan tsb. Bila Anda termasuk salah satunya maka Anda patut waspada karena mungkin penyebab sering sesak nafas yang Anda alami adalah penyakit serius yang berbahaya.

cara mengatasi sesak nafas
image credit: jfb-levage.com

Apa Itu Sesak Nafas?


Sesak nafas adalah suatu kondisi dimana kita mengalami kesulitan dalam bernafas atau karena kurangnya pasokan udara sehingga tubuh kita tidak mampu bekerja secara optimal.

Apa Saja Penyebab Sesak Nafas?


Beberapa faktor pemicu penyebab sesak nafas antara lain adalah faktor obesitas / kegemukan, olahraga yang terlalu berat, atau Anda berada di suatu tempat dengan suhu ekstrim atau tempat yang tinggi. Perlu Anda ketahui semakin tinggi suatu tempat seperti di puncak gunung maka volume udara semakin menipis sehingga Anda akan mengalami kesulitan bernafas.

Mungkinkah Penyebab Sering Sesak Nafas itu Adalah Penyakit Serius?


Bila Anda sering mengalami sesak nafas namun bukan karena penyebab normal di atas, maka kemungkinan besar penyebab sering sesak nafas Anda adalah sebuah penyakit / gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin menjadi penyebab sering sesak nafas Anda:
  1. Penyakit pada sistem pernafasan seperti batuk, pilek, flu, alergi, asma, sinusitis, tuberculosis, pneumonia (paru-paru basah), penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan kanker paru-paru.
  2. Penyakit pada sistem peredaran darah seperti anemia dan tekanan darah rendah. Baca juga: Tekanan Darah Normal, Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui 
  3. Penyakit jantung seperti aritmia, serangan jantung, dan gagal jantung. 
  4. Penyebab sering sesak nafas lainnya adalah keracunan gas karbon monoksida, patah tulang rusuk, dll.

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Penyebab Sering Sesak Nafas Anda Adalah Penyakit Serius?


Anda perlu waspada dan curiga bila sering mengalami sesak nafas yang berkelanjutan karena penyebabnya dapat saja karena ada penyakit lainnya.

Namun untuk memastikannya, Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada dokter kepercayaan Anda. Biasanya dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan keluarga Anda kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan tes lanjutan seperti tes darah, tes spirometry (yaitu sebuah tes untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa cepat udara dapat dihembuskan, tes ini pun sering digunakan untuk diagnosis PPOK), tes X-ray rongga dada (untuk mengetahui kondisi jantung, paru, dan tulang rusuk), dan tes alergi.

Bagaimana Cara Menangani Sesak Nafas?


Penanganan sesak nafas yang tepat dan efektif akan berbeda tergantung dari kondisi kesehatan individu masing-masing. Oleh karena itu mengetahui penyebab sering nafas yang terjadi sangat diperlukan.

Contohnya, bila Anda sering mengalami sesak nafas karena alergi atau asma maka Anda perlu menghindari faktor pemicu terjadinya alergi tsb misalnya menghindari debu, asap rokok, polusi udara, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan. Menjaga kondisi rumah agar terbebas dari faktor pemicu adalah cara terbaik untuk mencegah terjadinya sesak nafas. Namun bila alergi tsb sudah terjadi maka cara tercepat mengatasi sesak nafas adalah dengan meminum obat anti alergi seperti dekongestan atau antihistamin.

Mengobati penyakit yang menjadi penyebab sering sesak nafas adalah tindakan terbaik sehingga Anda tidak perlu mengalami masalah yang sama di kemudian hari.

Itulah ulasan mengenai penyebab sering sesak nafas yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ..
 
Top