Penyebab penyakit kanker memang beraneka ragam dan kadang sangat kompleks. Namun untuk memudahkan Anda dalam memahami penyakit ini maka pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan beberapa penyebab penyakit kanker yang umum dan perlu diketahui.

Mengetahui penyebab penyakit kanker secara umum sangat penting bagi Anda karena setiap penyakit akan jauh lebih mudah ditangani dan disembuhkan bila diketahui secara pasti penyebabnya.

Penyebab Penyakit Kanker Yang Umum dan Perlu Diketahui

Penyebab Penyakit Kanker dan Faktor Risiko Yang Perlu Diketahui


Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab kanker memang banyak namun secara umum dapat dikategorikan menjadi 5 faktor saja. Apa saja itu? Yuk kita bahas satu-per satu …

1. Faktor Genetik / Keturunan


Beberapa jenis penyakit kanker dapat terjadi karena faktor genetik walaupun demikian banyak juga penyakit kanker yang tidak berhubungan sama sekali dengan faktor keturunan ini. Meskipun faktanya demikian, namun tak ada salahnya bila Anda ekstra hati-hati dengan penyebab penyakit kanker ini terutama bila dalam keluarga Anda ada yang sudah menderita kanker.

2. Faktor Gaya Hidup


Beberapa gaya hidup tak sehat seperti merokok, minum alcohol, pergaulan bebas merupakan pemicu / penyebab kanker yang harus segera Anda hentikan.

Merokok baik pasif maupun aktif sangat berisiko pada kondisi kesehatan Anda dan merupakan penyebab penyakit kanker terutama kanker paru-paru, kanker mulut, dan kanker pita suara. Anda mungkin masih ingat salah satu iklan layanan masyarakat yang membahas bahayanya merokok. Bila Anda lupa silahkan saksikan video youtube yang diunggah WLF Indonesia berikut ini. 


Selain itu kurangnya olahraga atau aktivitas fisik dapat pula menjadi penyebab penyakit kanker berikutnya. Kurangnya aktivitas fisik akan membuat tubuh Anda mudah lelah dan memicu terjadinya kegemukan.

3. Faktor Lingkungan


Faktor lingkungan pun dapat menjadi penyebab kanker seperti terlalu banyak terkena paparan sinar matahari, terkena radiasi ionisasi, polusi, dll.

Risiko yang muncul bila terlalu banyak terkena sinar UV adalah kanker kulit dan bahkan dapat memicu kebutaan mata. Bila Anda memang terpaksa harus berada di bawah sinar matahari dalam waktu cukup lama, sangat disarankan untuk menggunakan topi, kacamata, pakaian tertutup, dan gunakan sun block di kulit Anda.

Tak hanya sinar matahari yang dapat menjadi penyebab penyakit kanker, namun radiasi ionisasi seperti pada rontgen / sinar X atau radiasi yang ditimbulkan pembangkit tenaga listrik pun dapat meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker.

Anda yang hidup di daerah polusi juga harus ekstra hati-hati karena memiliki risiko kanker lebih tinggi.

4. Faktor Makanan


Tahukah Anda bahwa kebanyakan penyakit yang terjadi pada diri Anda disebabkan oleh makanan yang Anda santap setiap harinya termasuk menjadi penyebab penyakit kanker? Makanan tidak sehat, yang diolah secara tidak benar, menggunakan bahan kimia berbahaya, terlalu banyak memakan makanan instan / junk food mampu meningkatkan faktor risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu, tinggalkan kebiasaan buruk tsb sekarang juga dengan memakan makanan sehat dengan gizi seimbang. 


5. Infeksi


Penyebab penyakit kanker berikutnya adalah karena adanya penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus seperti virus hepatitis, HIV, dll ataupun oleh parasit seperti parasite Schistosoma yang dapat menyebabkan kanker kandung kemih.

6. Gangguan Keseimbangan Hormonal


Adanya gangguan keseimbangan pada sistem hormonal dapat juga menjadi penyebab penyakit kanker. Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel namun cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan hormone progesterone lebih cenderung melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Bila terjadi ketidak seimbangan pada kedua hormone ini misalnya kelebihan estrogen dan kekurangan progesterone maka mampu meningkatnya risiko terjadinya kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim, dan kanker prostat. 
Baca juga: Penyebab, Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Serviks

7. Faktor Psikis


Selain penyebab penyakit kanker yang telah diuraikan di atas, faktor psikis / kesehatan emosional pun sangat mempengaruhi. Orang yang sering tertekan, depresi, sering kali sangat mudah terserang penyakit termasuk kanker.

Itulah 7 penyebab penyakit kanker yang umum dan perlu Anda ketahui. Bila faktor genetic sudah tidak dapat dihindari maka sebaiknya kita dapat menghindari penyebab lainnya.

Referensi:
http://www.cancer.org/cancer/cancercauses/
http://www.dharmais.co.id/index.php/what-causes-cancer.html
 
Top