Bau badan atau bau ketiak memang sangat menjengkelkan. Bila aroma tak sedap tsb muncul dari orang lain mungkin Anda akan kesal namun sebaliknya bila aroma tsb berasal dari Anda tentunya Anda akan kehilangan rasa percaya diri Anda. Namun Anda tak perlu khawatir karena tak ada masalah tanpa solusi di dunia ini, Anda dapat mencoba cara menghilangkan bau badan dan ketiak yang tak sedap tsb.

Penyebab Bau Badan dan Bau Ketiak Yang Menyengat


Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi atau cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab bau badan / ketiak tsb.

Bau badan atau bau ketiak biasanya muncul saat orang tsb berkeringat dan tidak segera dibersihkan. Area ketiak yang lembap merupakan tempat hidup yang sangat baik untuk para mikroorganisme seperti bakteri penyebab bau.

Selain karena keringat berlebih, penyebab bau badan dan bau ketiak berikutnya adalah pengaruh hormon dan faktor makanan. 
cara menghilangkan bau ketiak
image credit: youtube.com

Cara Mengatasi / Menghilangkan Bau Badan dan Bau Ketiak


Memang betul banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau badan Anda, namun berikut ini saya pilihkan 7 cara terjitu versi Dunia Kesehatan yang diambil dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi:

1. Mandi
Rajin membersihkan area yang berkeringat atau mandi adalah cara pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat. Dengan mandi maka keringat penyebab bau dapat dihilangkan. Untuk hasil terbaik, gunakan sabun anti bakteri yang banyak dijual di pasaran.
2. Keringkan Tubuh Anda
Setelah mandi, jangan lupa untuk mengeringkan tubuh Anda menggunakan handuk yang bersih terutama di bagian-bagian yang sering berkeringat seperti di ketiak. Ingat area yang basah adalah tempat hidup yang menyenangkan bagi bakteri. Oleh karena itu keringkanlah tubuh Anda untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak di tubuh Anda.

3. Gunakan Deodorant
Deodorant adalah produk kosmetik yang banyak dijual di pasaran yang berfungsi untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak. Bila Anda memiliki masalah keringat berlebih juga maka sangat disarankan Anda menggunakan produk deodorant yang telah dilengkapi anti prespirant. Gunakan produk tsb di ketiak Anda setiap selesai mandi dan sebelum Anda menggunakan pakaian.

Menggunakan deodorant yang ada di pasaran adalah cara menghilangkan bau badan / bau ketiak yang sangat mudah dan ampuh. Namun bagi Anda yang kurang menyukai produk kosmetik dan lebih menyukai cara alami, tak perlu khawatir karena banyak sekali bahan-bahan yang ada di sekitar kita yang dapat digunakan untuk mengatasi bau badan dan bau ketiak tsb, seperti berikut ini:

a. Jeruk Nipis  
Aroma dan kandungan jeruk nipis mampu menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat dari tubuh Anda dan menggantikannya dengan aroma segar jeruk. Untuk menggunakanya sangat mudah, potonglah jeruk nipis lalu gosokkan di ketiak Anda, biarkan hingga kering lalu bersihkan. 
Baca juga: Cara Efektif Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami Menggunakan Lemon

b. Kapur Sirih
Cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak menggunakan kapur sirih adalah warisan dari nenek moyang saya sejak dulu. Agar lebih afdol, Anda pun dapat mencampurkan kapur sirih dengan air jeruk nipis lalu oleskan di ketiak Anda. Namun ingat, jangan terlalu banyak menggunakan kapur sirihnya ya karena bersifat panas.

c. Belimbing Wuluh
Seperti halnya jeruk nipis, kandungan asam dalam belimbing pun mampu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab bau. Potonglah belimbing wuluh tsb dan oleskan di area ketiak untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak di tubuh Anda.

4. Gunakan Pakaian Yang Bersih
Pakaian yang sudah terkena keringat sebaiknya segera dicuci dan dibersihkan karena bila tidak maka bau keringat yang menempel di pakaian akan sangat sulit sekali dihilangkan sehingga saat Anda gunakan kembali akan tercium bau badan. Oleh karena itu cara menghilangkan bau badan dan bau ketiak berikutnya adalah gantilah pakaian Anda dengan yang bersih, tidak panas, adem setiap kali Anda selesai membersihkan area yang berkeringat.
5. Hindari Makanan Penyebab Bau Badan
Beberapa makanan dan minuman dapat memicu Anda berkeringat berlebih dan menimbulkan aroma tak sedap. Agar Anda dapat menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang tak sedap maka sebaiknya Anda hindari makan bawang, minum kopi, dan minum minuman beralkohol. Makanan pedas pemicu keringat pun sebaiknya Anda hindari.

Itulah 5 cara jitu menghilangkan bau badan dan bau ketiak yang menyengat di tubuh Anda. Untuk hasil terbaik, lakukan secara rutin ya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat … 
Referensi: webmd.com
 
Top