Apa Obat Keputihan Yang Manjur? Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh teman maupun pembaca blog ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara mengatasi keputihan yang berlebihan secara alami atau obat herbal keputihan gatal dan nyeri.
obat keputihan yang manjur


Jenis Keputihan


Namun sebelum Dunia Kesehatan (DK) membahas mengenai apa obat keputihan yang manjur, alangkah baiknya bila DK mengulas sedikit tentang jenis keputihan. Berdasarkan penyebab keputihan itu sendiri maka keputihan dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu yang normal dan tidak normal. Namanya yang normal tentunya bagus karena cairan tsb ternyata berfungsi untuk membersihkan organ kewanitaan. Nah yang harus Anda waspadai adalah keputihan tidak normal yaitu keputihan yang banyak jumlahnya (cairan berlebih), berbau, berwarna, dan menyebabkan Anda merasakan gatal atau dibarengi rasa nyeri.
Baca juga: Keputihan: Jenis, Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasi Keputihan

Jadi Apa Obat Keputihan Yang Manjur dan Efektif?


Untuk mengatasi keputihan yang terasa gatal dll seperti yang disebutkan di atas, tentunya akan lebih efektif dan manjur bila penyebab keputihan tsb sudah diketahui dengan pasti. Namun apapun penyebab keputihan tsb, apakah itu penyakit atau faktor kebersihan yang kurang memadai, biasanya keputihan terjadi karena ada infeksi mikroorganisme seperti bakteri, jamur, maupun virus di sekitar organ kewanitaan.

Bila Anda datang ke dokter dan meminta resep obat keputihan yang manjur maka dokter akan memberikan resep obat berupa antibiotik atau antijamur baik yang diminum atau digunakan secara topikal seperti dioles atau berupa vaginal tablet yang dimasukkan ke dalam organ vital.

Bagi Anda yang mencoba obat keputihan yang manjur secara alami dengan menggunakan bahan herbal dan tanpa obat kimia, maka Anda dapat mencoba cara mengatasi keputihan yang berlebihan, gatal, dan nyeri berikut ini:
Obat Herbal Keputihan Gatal #1: Air Beras / Air Tajin 
obat keputihan yang manjur
image credit: kabarimbo.com
Air beras / air tajin dapat digunakan sebagai obat keputihan yang manjur karena mengandung pati dan memiliki zat penawar rasa sakit yang akan membantu mengobati keputihan gatal dan peradangan yang terjadi namun tetap melindungi lapisan mukosa internal.

Untuk membuat obat keputihan yang manjur dengan air beras ini cukup mudah, Anda tinggal memasak beras di panci yang terbuka, setelah mendidih ambil air tajin di atasnya lalu tambahkan sedikit gula (atau sesuai selera) lalu minum. Gunakan cara ini setiap hari hingga seminggu lalu Anda pun akan mendapatkan perubahan pada keputihan Anda.

Selain diminum, Anda pun dapat menggunakan air beras tsb untuk membasuh organ kewanitaan untuk mengatasi keputihan yang berlebihan, gatal, dan nyeri.
Obat Herbal Keputihan Gatal #2: Okra  
cara mengatasi keputihan berlebihan dengan okra
image credit: kidneyhospitalchina.org

Okra (di Eropa terkenal dengan nama Lady’s Finger) juga merupakan obat keputihan yang manjur secara alami. Efek penyembuhan ini terjadi karena Okra sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, kalsium, folat, kalium, lemak tak jenuh, dan serat. Okra pun memiliki efek diuretik (ingin buang air terus) dan laksatif (efek pencahar).

Buah okra sudah dipercayai sejak jaman dulu dalam mengatasi keputihan yang berlebihan serta menormalkan jumlah darah menstruasi.

Untuk membuat obat keputihan yang manjur dari buah okra ini, Anda tinggal mengambil beberapa buah okra lalu cucilah dengan bersih, kemudian rebus dalam air mendidih sekitar 20 menit. Ambil air rebusan lalu tambahkan gula secukupnya untuk menambah rasa lalu minumlah setiap hari hingga keputihan Anda normal kembali.

Obat Herbal Keputihan Gatal #3: Sirih

obat keputihan yang manjur menggunakan daun sirih
Daun sirih sudah dipercayai sejak jaman dulu kala sebagai obat anti gatal karena kandungan antiseptiknya yang alami. Untuk membuat obat keputihan yang manjur menggunakan daun sirih ini maka Anda cukup mengambil beberapa lembar daun sirih lalu rebus dalam air mendidih 1-2 jam. Ambil air rebusan untuk membasuh organ kewanitaan. Gunakan secara rutin untuk mengatasi keputihan yang berlebihan, berbau, dan gatal. 
Itulah 3 obat herbal keputihan gatal yang dapat Anda coba. Bila dalam waktu seminggu setelah pemakaian rutin obat keputihan yang manjur di atas ternyata tidak ada perbaikan, DK sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi keputihan yang terjadi karena penyakit lainnya seperti kanker serviks atau yang lainnya.
Baca juga: Penyebab, Pencegahan, dan Tanda-Tanda Kanker Serviks

Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal Balik Kembali


Setelah Anda menggunakan obat keputihan yang manjur di atas baik obat herbal maupun obat resep dokter untuk mengatasi keputihan yang berlebihan, berbau, gatal, dan nyeri maka sebaiknya Anda melakukan cara-cara pencegahan berikut ini agar penyakit keputihan tidak balik lagi:
  1. Tingkatkan hygiene / kebersihan diri. Organ kewanitaan seperti halnya organ tubuh lainnya perlu dirawat dan dibersihkan sehingga mikroorganisme penyebab keputihan enggan tinggal berlama-lama.
  2. Gunakan celana dalam yang nyaman, adem, dan mampu menyerap keringat dengan sempurna. 
  3. Gantilah segera mungkin bila celana dalam Anda basah atau lembap. Kondisi basah atau lembap adalah tempat favorit bagi jamur. Untuk menghindari terlalu sering ganti celana, Anda dapat mengerinkan organ kewanitaan dengan handuk yang bersih setiap kali selesai buang air kecil / besar dengan cara dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri / mikroorganisme dari anus berpindah ke vagina. 
  4. Segeralah buang air kecil bila Anda ingin buang air kecil, jangan ditahan-tahan. Saat proses buang air kecil maka air kencing dengan tekanan kuat akan membersihkan saluran vagina dari jamur-jamur / bakteri pengganggu. 
  5. Cucilah celana dalam Anda dan jemurlah di bawah sinar matahari untuk membunuh bibit-bibit penyakit yang mungkin tersisa di celana dalam. 
  6. Jangan pernah berbagi barang-barang pribadi dengan orang lain, seperti handuk, celana dalam, dsb. 
  7. Perbanyaklah minum air putih agar proses urinasi Anda berjalan normal

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan berlebihan, gatal, berbau, dan nyeri dengan obat keputihan yang manjur. Semoga bermanfaat … 
 
Top