Membuat pembersih wajah alami sendiri di rumah merupakan salah satu alternative bagi Anda yang ingin tampil cantik tanpa harus khawatir dengan efek samping dari bahan kimia yang banyak digunakan di kosmetik yang beredar di pasaran sekarang ini.

Selain lebih aman, membuat pembersih wajah alami sendiri pun ternyata lebih hemat loh. Tidak percaya? Coba saja Anda buktikan sendiri. Harga kosmetik yang ada di pasaran saat ini, selain mencakup biaya bahan dan biaya produksi, juga mencakup biaya promosi dan distribusi.

Sebagaian besar orang merasa bahwa membuat pembersih wajah buatan sendiri sangat merepotkan dan tidak praktis, namun bila Anda mengetahui caranya, membuat pembersih wajah alami sendiri itu ternyata mudah loh. Tapi tetap memerlukan usaha untuk membuatnya ya …

Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Sendiri Yang Mudah, Aman, dan Hemat


cara membuat pembersih wajah alami


Bahan-bahan yang digunakan dalam resep pembuatan pembersih wajah berikut ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di tempat sekitar Anda, seperti di dapur, atau halaman rumah Anda. Banyak bahan yang dapat dimanfaatkan, namun pada kesempatan kali ini Dunia Kesehatan akan mengulas beberapa saja ya..

Namun sebelum membahas cara membuat pembersih wajah alami sendiri ini, lebih baik Anda mengetahui beberapa aturan umum dalam menggunakan pembersih wajah yaitu:
  • Bersihkanlah wajah baik dari make up, debu, dsb sebelum Anda menggunakan pembersih wajah alami ini. Lalu bilaslah wajah Anda dengan air hangat untuk membuka pori-pori sehingga kotoran lebih mudah dibersihkan.
  • Lindungi pakaian dan rambut Anda agar tidak terkena bahan pembersih yang mungkin akan sulit dibersihkan. 
  • Cucilah tangan Anda sebelum melakukan cara membuat pembersih wajah alami di bawah ini 
  • Gunakanlah bahan-bahan yang masih segar.
Itulah beberapa aturan umum yang perlu Anda ketahui, sekarang saatnya kita bahas satu-persatu bahan dan cara membuat pembersih wajah alami sendiri di rumah:

1. Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Berbahan Madu


Madu termasuk “super food” yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu sangat cocok digunakan oleh semua jenis kulit, mampu mengangkat sel kulit mati tanpa butiran scrub yang terlalu keras, mampu melembapkan kulit, dan bersifat sebagai antiseptic yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat sehingga kulit pun tampak lembut, halus, dan cerah. 
Baca juga: Berbagai Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Bahan: madu murni (tanpa campuran) dan air hangat 
 
Baca juga: Cara Praktis Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Cara pembuatan:
  • Ambil ½ sendok teh madu, bila terlalu kental tambahkan beberapa tetes air hangat untuk melarutkannya namun jangan sampai terlalu encer. Aduk sampai tercampur merata.
  • Oleskan madu tsb pada wajah secara merata lalu pijatlah wajah Anda menggunakan jari dengan gerakan memutar. 
  • Biarkan hingga 5 menit atau sampai mengering. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan menggunakan handuk.
Setelah menggunakan bahan pembersih dari madu, Anda pun dapat mengoleskan toner dan moisturizer untuk mengecilkan pori-pori, menyeimbangkan pH wajah, dan menjaga kelembapan kulit wajah Anda.


2. Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Dari Mentimun


Anda tentunya sudah mengetahui manfaat kesehatan dari mentimun ini. Selain bermanfaat untuk tubuh, mentimun pun dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah yang cocok digunakan untuk Anda yang memiliki jenis kulit normal.

Bahan: Buah mentimun segar setengah potong kemudian potong dadu, 125 g “plain yoghurt” atau tanpa rasa, 5 lembar daun mint yang dicincang halus.

Cara pembuatan:
  • Potong dadu buah mentimun dan cincang halus daun mint lalu masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan yoghurt lalu aduk menggunakan blender hingga halus dan tercampur sempurna. 
  • Oleskan bahan pembersih dari mentimun tsb ke wajah lalu biarkan hingga 5 menit atau sampai mengering. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.

3. Cara Membuah Pembersih Wajah Alami Berbahan Apel


Bahan pembersih dari apel ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering.

Bahan: Apel 2 buah, minyak zaitun ½ sendok makan, madu ½ sendok makan, 125g yoghurt tanpa rasa.

Cara pembuatan:
  • Kupas kulit apel lalu potong daging apel kecil-kecil, masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan semua bahan ke dalam blender lalu aduk hingga merata. 
  • Gunakan bahan pembersih apel ini ke wajah lalu biarkan hingga 5 menit atau sampai mengering. 
  • Basuh dengan air hangat.

4. Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Berbahan Tomat


Bagi sebagian orang, apel bisa dibilang buah yang mahal. Namun Anda tak usah khawatir karena Anda dapat membuat pembersih wajah alami dengan menggunakan tomat yang lebih murah.

Bahan: Tomat matang 1 buah, jus jeruk / jus lemon 2 sdm, susu cair 2 sdm

Cara pembuatan:
  • Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu aduk hingga merata.
  • Oleskan bahan pembersih ke wajah dan biarkan selama 5 menit atau sampai kering. 
  • Basuh dengan air hangat.

5. Cara Membuat Pembersih Wajah Alami Berbahan Lemon


Anda dapat menggunakan bahan pembersih yang terbuat dari air perasan lemon atau mencampurnya dengan yoghurt tanpa rasa, selain membersihkan juga mampu mencerahkan wajah. Oleskan ke wajah hingga merata dan mengering, lalu bilas dengan air bersih. Saat Anda menggunakan masker berbahan lemon sebaiknya hindari paparan sinar matahari.

Itulah 5 cara membuat pembersih wajah alami sendiri di rumah dengan mudah, aman, dan tentunya hemat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat …
 
Top