Menstruasi saat hamil? Mungkin Anda pernah mendengar teman, saudara atau mungkin Anda sendiri merasa mendapatkan haid pada masa kehamilan. Pertanyaannya, apakah itu mungkin? Apakah itu wajar?

Untuk menjawab pertanyaan tsb, blog Dunia Kesehatan akan membahas sedikit tentang apa itu menstruasi dan mengapa secara ilmiah menstruasi saat hamil adalah tidak mungkin. 
haid tapi hamil
image credit: foxnews.com

Memahami Proses Menstruasi dan Kehamilan


Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada setiap wanita yang menginjak usia produktif. Munculnya darah menstruasi terjadi karena ada peluruhan dinding rahim (endometrium) yang kaya akan darah. Lapisan dinding rahim tsb sebetulnya disiapkan untuk menyimpan sel telur namun karena sel telur tsb tidak mengalami pembuahan atau dengan kata lain tidak terjadi kehamilan maka dinding rahim tsb meluruh dan keluar dari tubuh melalui organ kewanitaan. Sementara saat sel telur tsb dibuahi dan terjadi proses kehamilan maka lapisan dinding rahim tsb akan dipertahankan yang kemudian digunakan untuk mendukung pertumbuhan janin. 
menstruasi saat hamil itu tidak mungkin
image credit: newhealthguide.org


Dengan memahami proses terjadinya menstruasi dan kehamilan tsb, tentunya Anda mengerti bahwa secara ilmiah tak mungkin seseorang mengalami menstruasi saat hami

Bila Bukan Menstruasi Saat Hamil, Lalu Apa?


Mengeluarkan darah pada kehamilan trimester pertama adalah kondisi yang umum menimpa ibu hamil walaupun demikian pengeluaran darah tsb tidak dapat dikatakan sebagai menstruasi saat hamil.

Pengeluaran darah tsb dapat berupa bercak namun ada juga dalam jumlah lebih banyak, ada yang tak perlu dikhawatirkan namun sebagian besar dapat menimbulkan akibat serius. Oleh karena itu, bila Anda mengalami pendarahaan saat hamil sebaiknya Anda waspada dan periksakan diri Anda dengan segera ke dokter kandungan kepercayaan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 


Berikut ini adalah beberapa penyebab pendarahan tapi haid yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Kemungkinan Penyebab Pendarahan Seperti Menstruasi Saat Hamil Trimester Pertama


Masa kehamilan trimester pertama memang sangat rentan, oleh karena itu menjaga kehamilan di fase-fase awal memang sangat penting. Munculnya darah seperti menstruasi saat hamil pun sering terjadi pada masa awal kehamilan ini.

Pendarahan Implantasi
Pada saat seseorang mengira menstruasi saat hamil, sebetulnya yang terjadi adalah pendarahan implantasi yaitu pendarahan yang terjadi sekitar 10-14 hari setelah proses pembuahan terjadi. Pendarahan jenis ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan dan akan berhenti dengan sendirinya.

Kehamilan Ektopik
Penyebab adanya pendarahan seperti menstruasi saat hamil lainnya adalah kehamilan ektopik pada trimester pertama. Kehamilan ektopik adalah proses kehamilan yang terjadi di luar rahim. Selain itu ada juga dugaan hamil anggur, yaitu massa abnormal yang tumbuh di dalam rahim namun bukan berupa janin setelah terjadinya pembuahan.

Keguguran
Keguguran atau kehilangan janin secara spontan dapat menjadi penyebab terjadinya pendarahan seperti menstruasi saat hamil.


Infeksi atau Radang Pada Leher Rahim
Adanya infeksi atau peradangan pada leher rahim juga dapat menjadi salah satu penyebab pendarahan seperti menstruasi saat hamil.

2. Penyebab Pendarahan Saat Kehamilan Trimester 2 atau 3


Selain pada trimester pertama, munculnya darah seperti menstruasi saat hamil pun dapat terjadi pada trimester 2 atau trimester 3. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:
  • Keguguran, walaupun sangat jarang terjadi pada trimester 2 atau 3, namun penyebab pendarahan seperti menstruasi saat hamil juga dimungkinkan oleh kondisi ini.
  • Tanda awal persalinan, yang ditandai denga keluarnya gumpalan atau bercak darah.
  • Ektropion Serviks yaitu perubahan yang tidak berbahaya pada leher rahim.
  • Solusio plasenta yaitu suatu kondisi dimana plasenta terlepas dari dinding rahim. 
  • Plasenta previa yaitu suatu kondisi dimana seluruh atau sebagian jalur kelahiran bayi terhalang karena plasenta terletak terlalu rendah di dalam rahim.

Itulah beberapa penyebab terjadinya pendarahan yang disangka menstruasi saat hamil. Segera periksakan diri ke dokter kandungan bila Anda mengalami pendarahan untuk mengetahui penyebabnya secara pasti dan menghindari terjadinya kehilangan janin yang sangat Anda sayangi.

 
Top