Sakit tenggorokan biasanya datang menyertai penyakit batuk pilek yang datang menghampiri Anda. Namun sebetulnya sakit tenggorokan ini tak hanya berkaitan dengan pilek saja namun lebih parahnya karena ada infeksi atau mungkin gejala penyakit lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui penyebab sakit tenggorokan dan bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan tsb. 
 
cara mengatasi sakit tenggorokan
Ilustrasi Sakit Tenggorokan (image credit: homeremediestip.com)

Penyebab Sakit Tenggorokan Yang Perlu Anda Ketahui


Penyebab sakit tenggorokan yang umum terjadi adalah alergi, udara kering, perubahan cuaca, polusi, termasuk merokok.

Namun selain penyebab sakit tenggorokan yang umum tsb, sakit tenggorokan pun dapat disebabkan oleh aneka penyakit seperti berikut ini:

1. Pilek
Penyebab sakit tenggorokan yang paling umum terjadi adalah pilek. Biasanya disertai juga dengan gejala pilek lainnya seperti hidung berlendir / meler atau mampat dan batuk. Seperti halnya penyakit yang disebabkan oleh virus, sakit tenggorokan yang terjadi karena pilek pun akan segera membaik dalam hitungan hari.

2. Infeksi Tenggorokan / Strep Throat
Penyebab sakit tenggorokan berikutnya adalah terjadinya infeksi pada tenggorokan yang disebabkan oleh kuman seperti bakteri streptococcus. Gejala yang terjadi berupa rasa gatal dan nyeri di tenggorokan. Bila Anda menderita penyakit ini, maka biasanya gejala yang Anda alami akan berlangsung lebih lama dan lebih parah.

Bila sakit tenggorokan Anda tidak kunjung sembuh dalam waktu 3 hari, Anda patut curiga sudah terkena penyakit strep throat ini dan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter karena bila dibiarkan terus menerus maka akan memicu terjadinya penyakit yang lebih serius seperti demam rematik yang dapat membahayakan katup jantung. Selain sakit tenggorokan, gejala lainnya yang mungkin terjadi adalah demam, nyeri saat menelan, amandel memerah dengan bintik putih, dan kehilangan nafsu makan. 
 
Baca juga: Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Jantung Yang Perlu Anda Ketahui

Dengan perawatan yang tepat, penyakit strep throat penyebab sakit tenggorokan ini biasanya akan sembuh dalam kurun waktu 10 hari.

3. Tonsilitis
Tonsilitis adalah infeksi / radang amandel (yaitu jaringan yang terletak di bagian belakang tenggorokan). Selain sakit tenggorokan biasanya disertai juga dengan pembengkakan amandel dengan bintik kuning atau putih, demam, suara berubah, nyeri saat menelan, bau napas, dan pembengkakan kelenjar limfa di leher.

Bila Anda curiga penyebab sakit tenggorokan Anda adalah tonsillitis maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 


Cara Mudah Mengatasi Sakit Tenggorokan


Berikut ini adalah beberapa cara mudah mengatasi sakit tenggorokan yang dapat Anda coba di rumah:
  • Perbanyak minum minuman hangat. Tenggorokan yang sakit dapat pula disebabkan oleh kurangnya cairan.
  • Berkumur dengan air garam hangat, bila diperlukan Anda pun dapat menggunakan obat kumur yang banyak dijual di pasaran. Garam dan obat kumur memiliki sifat antiseptic yang dapat membunuh kuman yang ada di tenggorokan. 
  • Hindari memakan makanan yang tajam seperti makanan pedas, makanan renyah, gorengan atau makanan berminyak, makanan terlalu manis, minuman dingin, atau makanan terlalu asin. 
  • Perbanyak istirahat. 
  • Hindari kontak air liur dengan penderita.
Cara mengatasi sakit tenggorokan di atas sangat efektif untuk menghilangkan sakit karena penyebab umum yang telah diuraikan di atas termasuk sakit tenggorokan karena pilek.

Sementara untuk mengatasi sakit tenggorokan karena penyakit strep throat atau tonsillitis yang disebabkan oleh bakteri dapat dilakukan dengan menggunakan antibiotik, namun sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter karena antibiotic termasuk obat yang harus diresepkan oleh dokter.

Bila penyebab sakit tenggorokan karena tonsillitis dan terjadi berulang, mungkin dokter akan menyarankan operasi pengangkatan amandel sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan dan infeksi amandel tsb.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab sakit tenggorokan dan cara mengatasi sakit tenggorokan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ...

Bila dirasa informasi dari Dunia Kesehatan ini bermanfaat, jangan ragu untuk membagikan informasi ini pada teman atau kerabat Anda menggunakan tombol sosial media di bawah ini. 
 
Referensi: webmd.com
 
Top