Musim penghujan tiba, itu artinya Anda harus hati-hati dengan penyakit demam berdarah. Bila Anda saksikan di TV sekarang ini, jenis penyakit ini memang sedang mewabah di daerah tertentu. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memang belum memiliki sistem pengobatan khusus, namun bila Anda telat sedikit saja dalam penanganannya maka tak mungkin penyakit ini dapat mematikan. Agar Anda dapat terhindar dari penyakit ini atau terhindar dari risiko yang lebih berbahaya, sebaiknya Anda mengenali penyebab, gejala, cara mencegah, dan mengatasi demam berdarah.

Demam berdarah atau DBD (dengue fever) adalah suatu penyakit yang membuat penderitanya akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa, seolah-olah terasa sakit hingga ke tulang, yang disertai dengan demam dan pendarahan baik di kulit maupun bagian tubuh lainnya.

Penyebab Demam Berdarah


Penyebab penyakit demam berdarah / DBD adalah virus dengue yang masuk ke tubuh manusia melalui perantara gigitan nyamuk Aedes aegypti. Jadi jenis penyakit ini tak akan menulari orang lain bila orang tsb tidak tergigit nyamuk yang membawa virus tsb.

penyebab demam berdarah
Nyamuk Aedes Aegypti
Nyamuk aedes aegypti biasanya senang sekali hidup di daerah yang berpenduduk tinggi dengan iklim hangat namun lembap dan terdapat banyak genangan air. Itulah sebabnya kenapa Indonesia rentan sekali dengan penyebab demam berdarah ini.

Perlu Anda ketahui bahwa jenis nyamuk aedes aegypti dapat menggigit manusia kapan pun dia mau, baik siang maupun malam hari. Jadi Anda tetap harus ekstra hati-hati agar tubuh Anda tidak tergigit nyamuk.

Virus dengue penyebab demam berdarah, saat ini memiliki 4 strain / tipe yaitu DEN1, 2, 3, dan DEN4. Saat Anda terjangkit penyakit DBD karena salah satu tipe virus dengue maka secara alamiah, tubuh Anda akan membentuk kekebalan / antibody terhadap tipe virus tsb namun ini bukan berarti Anda akan aman dari serangan DBD berikutnya karena bila virus tipe lain yang menjangkiti Anda maka Anda pun akan terserang penyakit DBD lagi bahkan kondisi yang diakibatkan malah menjadi lebih berat dibandingkan sebelumnya. 

Gejala Demam Berdarah


Gejala demam berdarah tak akan terlihat sesaat setelah Anda digigit nyamuk pembawa virus penyebab DBD namun virus tsb memerlukan waktu inkubasi di tubuh Anda terlebih dahulu. Waktu inkubasi adalah waktu yang diperlukan oleh virus untuk tumbuh dengan baik di tubuh Anda, dan masa inkubasi virus dengue adalah sekitar 4-7 hari. Bila dalam Bahasa awamnya, virus tsb memerlukan waktu untuk tumbuh dan berkembang dan siap menyerang tubuh Anda.

gejala demam berdarah
image source: lloydhealthcare.org


Gejala demam berdarah baru akan terlihat dalam waktu 3-14 hari setelah masa inkubasi tsb yang biasanya ditandari dengan demam tinggi hingga 41 der C.

Berikut ini adalah gejala / tanda-tanda demam berdarah yang biasanya muncul:
  • Tubuh menggigil / demam
  • Sakit kepala parah 
  • Munculnya bintik-bintik merah pada kulit, wajah tampak kemerahan 
  • Sakit tenggorokan (Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Yang Perlu Diketahui)
  • Hilang nafsu makan 
  • Nyeri pada perut dan mual-mual 
  • Nyeri hebat pada otot-otot punggung bawah, lengan, hingga kaki termasuk tulang dan sendi 
  • Rasa sakit bagian belakang mata 
  • Pendarahan yang tidak wajar, seperti mimisan, gusi berdarah, atau adanya darah pada air seni
Gejala demam berdarah tsb biasanya akan mereda dalam beberapa minggu bila penyakit ini segera ditangani. Namun untuk pemulihan, biasanya diperlukan waktu beberapa minggu.

Penyakit Lain Yang Menyertai Demam Berdarah


Penyakit DBD yang tidak ditangani secara cepat dan tepat dapat membahayakan nyawa pasien. Walaupun hanya terjadi pada sedikit kasus, penyakit DBD dapat berkembang menjadi lebih serius dengan gejala yang lebih parah seperti “dengue shock syndrome” yaitu demam berdarah yang disertai dengan penurunan tekanan darah secara drastis dan mendadak. 
Baca juga: Tekanan Darah Normal, Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah gejala demam berdarah yang parah / berat:
  • Lelah dan lemas.
  • Demam sering naik turun. 
  • Nyeri pada perut secara berkelanjutan, sering mual dan muntah. 
  • Pendarahan dari hidung, pada muntahan, air seni, atau tinja. 
  • Pembengkakan pada organ hati yang dapat terlihat dari luar tubuh dan terasa sakit bila disentuh.

Kapan Waktu Yang Tepat Memeriksakan Diri ke Dokter?


Bila Anda mendapati gejala demam berdarah pada diri Anda atau keluarga Anda, jangan tunggu lagi, segeralah periksakan diri Anda atau keluarga Anda ke dokter kepercayaan Anda karena pemeriksaan dan penanganan yang cepat dan tepat akan mengurangi terjadinya risiko penyakit yang lebih parah.

Memeriksakan diri ke dokter pun sebaiknya dilakukan saat Anda mengalami gejala seperti flu atau demam yang tak kunjung membaik lebih dari 1 minggu.

Untuk memastikan apakah Anda benar terkena penyakit DBD atau tidak, biasanya dokter akan melakukan tes darah untuk mengetahui keberadaan virus dengue juga untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara umum lainnya.

Cara Mengatasi Demam Berdarah


Perlu Anda ketahui, penderita penyakit DBD di Indonesia termasuk yang kedua terbesar di dunia dan paling tinggi di Asia Tenggara. Oleh karena ini siapa saja yang ada di Indonesia, akan sangat mudah sekali terkena wabah demam berdarah ini. Untuk itu perlu peran serta dari masyarakat sendiri dan pemerintah dalam bekerja sama untuk memerangi wabah ini dan mengatasi demam berdarah.

Namun masalahnya, sampai sekarang belum ada obat-obatan yang khusus untuk mengobati penyakit demam berdarah ini. Sampai saat ini untuk mengatasi demam berdarah hanya sebatas menangani / meredakan gejala yang timbul.

Berikut ini adalah cara mengatasi demam berdarah yang sangat disarankan, yaitu:
  • Perbanyak istirahat
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi 
  • Minum obat penghilang nyeri dan penurun demam (analgetik dan antipiretik) seperti parasetamol. Namun ingat jangan gunakan ibuprofen atau aspirin karena kedua jenis obat ini dapat memicu terjadinya pendarahan pada penderita demam berdarah. Jenis obat-obatan ini biasanya dijual bebas di apotek maupun toko obat. 
  • Bila gejala demam berdarah seperti nyeri, sakit kepala, dan demam tidak mereda atau tidak kunjung hilang dalam waktu 3-5 hari maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.
Bila hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa penyakit DBD Anda sudah tergolong parah maka cara mengatasi demam berdarah berikut ini yang biasanya akan dilakukan pada pasien:
  • Rawat inap di rumah sakit untuk lebih memudahkan perawatan dan pemantauan kondisi pasien.
  • Pemberian cairan infus untuk mencegah dehidrasi dan menstabilkan tekanan darah. 
  • Pemantauan tekanan darah. 
  • Transfusi darah untuk mengganti kekurangan darah.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah


Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya ada vaksin, namun untuk DBD belum ada vaksin yang berhasil dikembangkan dengan baik untuk mencegah penyakit DBD.

Oleh karena itu cara terbaik mencegah demam berdarah adalah dengan mencegah digigitnya tubuh kita oleh nyamuk aedes aegypti tsb.

Berikut ini adalah beberapa cara menghindari gigitan nyamuk penyebab DBD untuk mencegah demam berdarah yang dapat Anda lakukan mulai sekarang di rumah Anda:
  • Tingkatkan kebersihan rumah dan lingkungan Anda misalnya dengan menggunakan langkah 3 M (menguras, menimbun, dan membakar) tempat-tempat yang mudah digenangi air dan menjadi tempat hidup si nyamuk aedes. Anda dapat melakukan pembersihan tempat-tempat penampungan air secara berkala untuk mencegah timbulnya jentik-jentik nyamuk. Anda pun dapat menggunakan serbuk abate yang biasanya diedarkan oleh tiap RT / RW untuk membasmi jentik-jentik tsb.
  • Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar. 
  • Tidur menggunakan kelambu. 
  • Menggunakan pakaian yang dapat melindungi Anda dari gigitan nyamuk terutama saat Anda beraktivitas di luar rumah.
  • Memakai anti nyamuk, seperti losion atau anti nyamuk lainnya. 
  • Melakukan fogging / pengasapan pada sarang-sarang nyamuk, biasanya dikelolah oleh tiap RT / RW setempat.
Bila Anda lebih menyukai cara alami untuk menghindari gigitan nyamuk untuk mencegah demam berdarah, silahkan baca Cara Praktis Menghindari Gigitan Nyamuk Secara Alami.

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab demam berdarah, gejala demam berdarah, cara mencegah demam berdarah, dan cara mengatasi demam berdarah yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ...

Jika artikel dari Dunia Kesehatan ini dirasa bermanfaat, jangan sungkan untuk membagikannya pada teman atau kerabat Anda sehingga semakin banyak orang yang terhindar dari penyakit DBD ini.

Referensi: webmd.com, alodokter.com 
 
Top