Semakin menuanya umur kita maka massa otot akan menurun dan tulang pun semakin rapuh. Sehingga pada umur di atas 30 tahun sangat rentan mengalami sakit pinggang. Namun selain gangguan pada sendi, penyebab sakit pinggang pun dapat pula gangguan kesehatan lainnya seperti sakit ginjal atau penyakit lainnya.

Bila Anda sering mengalami sakit pinggang belakangan ini atau tiba-tiba mendapatkan nyeri pinggang, sebaiknya Anda ketahui beberapa penyebab sakit pinggang yang umum terjadi. 
penyebab sakit pinggang


Apa Itu Sakit Pinggang?


Sebelum blog Dunia Kesehatan membahas mengenai kemungkinan penyebab sakit pinggang, sebaiknya Anda ketahui dulu pengertian sakit pinggang itu sendiri.

Sakit pinggang adalah sebuah kondisi rasa nyeri atau sakit yang muncul di daerah pinggang, yaitu antara bagian panggul dan perut bawah pusar. Manifestasi rasa sakit tsb dapat muncul di satu titik atau menyebar, dapat terjadi sebentar atau berkelanjutan, dan dapat berlangsung ringan, sedang, ataupun parah. Kadang, nyeri pada bagian pinggang disertai juga gengan kesemutan pada bagian bokong atau kaki. Saat seseorang terkena sakit pinggang, maka orang tsb akan kesulitan menggerakan badan terutama saat hendak membungkuk atau bersandar. Kondisi rasa nyeri ini lebih sering dialami para wanita dan terjadi pada sebagian kecil kaum pria.

Berdasarkan tingkat keparahannya, maka dikenal sakit pinggang akut dan sakit pinggang kronis, sementara berdasarkan posisinya maka dikenal sakit pinggang bagian kiri dan sakit pinggang bagian kanan.

Oke kita langsung bahas penyebab sakit pinggang tsb satu persatu dengan harapan Anda akan lebih mengenali kondisi sakit yang Anda alami.

Penyebab Sakit Pinggang Yang Perlu Diketahui


Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi seperti cedera otot karena posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat beban yang berat. Pada wanita, penyebab sakit pinggang seringkali berhubungan dengan sistem reproduksi dan menyebabkan gejala sakit perut juga.

Penyebab Sakit Pinggang Akut


Sakit pinggang akut adalah kondisi ketika rasa sakit muncul secara tiba-tiba untuk kali pertama. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit pinggang akut yang umum terjadi:

1. Cedera Otot
Seperti yang telah disebutkan di atas, bila Anda beraktivits berlebihan atau mengangkat beban berat dengan posisi yang tidak benar maka akan terjadi cedera otot yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Untungnya, sakit pinggang karena cedera otot ini dapat disembuhkan dengan istrirahat yang cukup dan pelemasan otot.

2. Gangguan Syaraf Tulang Belakang
Ganggunga pada syaraf tulang belakang dapat menjadi penyebab sakit pinggang seperti siatika dan spinal spinosis.

Siatika terjadi bila terdapat pergeseran cakram tulang belakang sehingga menyebabkan tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Gejala yang umum terjadi adalah kesemutan dan rasa sakit yang disertai sensasi perih.

Sedangkan pada spinal stenosis, tertekannya syaraf tulang belakang karena adanya penyempitan tulang belakang. Gejala yang muncul berupa rasa kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan dan akan memarah saat berdiri atau berjalan.

3. Gangguan pada Fungsi Ginjal
Gangguan pada ginjal seperti batu ginjal ataupun infeksi ginjal seringkali dicurigai sebagai penyebab sakit pinggang.

4. Penyakit Usus Buntu / Apendisitis

Usus buntu adalah kantong sebesar jari yang terhubung dengan usus besar, mengenai fungsinya di dalam tubuh masih belum diketahui secara pasti. Peradangan, pembengkakan, atau infeksi pada usus buntu merupakan penyebab sakit pinggang akut dimana penderita akan merasakan sakit di pinggang dan bagian perut bawah sisi kanan. 
5. Konstipasi / Kram Usus
Konstipasi (sembelit / susah buang air besar) ataupun kram usus dapat menjadi penyebab sakit pinggang akut. Gangguan kesehatan ini terjadi biasanya karena pola makan yang tidak sehat dan kurang serat.

6. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab sakit pinggang akut lainnya adalah infeksi saluran kemih yang biasanya disertai gejala lain seperti merasa ingin sering buang air kecil dan rasa nyeri mengiringi saat penderita buang air kecil.

7. Penyakit Radang Panggul Akut
Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang organ reproduksi wanita, seperti uterus, tuba falopi, ovarium, dan rahim. Penyebab sakit pinggang akut tsb dapat terjadi bila penderita terkena penularan penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore atau klamidia.

8. Kista Ovarium
Yang dimaksud dengan kista ovarium yaitu adanya kantong yang berisi cairan di dalam ovarium. Biasanya kista tsb dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun saat kista tsb pecah atau membesar maka akan menjadi penyebab sakit pinggang akut dan menutup pasokan darah ke ovarium sehingga perlu penanganan yang cepat untuk pengangkatan kista tsb.

9. Penyebab Sakit Pinggang Akut Lainnya
Selain gangguan kesehatan di atas, penyebab sakit pinggang akut lainnya adalah endometriosis dan abses pelvis. Kedua penyakit ini memang jarang terjadi tetapi sebaiknya diwaspadai juga.

Endometriosis adalah terbentuknya jaringan dari lapisan dindidng rahim yang tumbuh di luar rongga rahim. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang amat parah saat periode menstruasi. Sedangkan abses pelvis adalah kondisi dimana terjadi penimbunan nanah antara vagina dan rahim.

Penyebab Sakit Pinggang Kronis


Sakit pinggang kronis adalah sakit pinggang yang terjadi berkepanjangan selama enam bulan atau lebih, baik secara terus menerus ataupun kambuhan. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi saat periode menstruasi dan biasanya bertahan lebih lama dibanding sakit pinggang biasa.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang kemungkinan besar menjadi penyebab sakit pinggang kronis yang umum terjadi: 
1. Obesitas 
Kelebihan berat badan merupakan penyebab sakit pinggang. Saat berat badan melebihi yang seharusnya maka akan terjadi penekanan pada sendi dan otot pinggang.

2. Gangguan Syaraf Tulang Belakang
Penyebab sakit pinggang kronis yang pertama adalah adanya gangguan syaraf tulang belakang baik karena penyempitan tulang belakang atau karena adanya saraf siatik yang tertekan.

3. Gangguan Pada Fungsi Ginjal
Penyakit ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal kronis dapat menjadi penyebab sakit pinggang kronis.

4. Sindrom Iritasi Usus
Gangguan pencernaan ini merupakan penyebab sakit pinggang kronis yang biasanya ditandai juga dengan kram preut, diare, konstipasi, dan kembung.

5. Penyakit Radang Panggul Kronis
Penyakit infeksi yang disebabkan penyakit menular seksual ini dapat pula menjadi penyebab sakit pinggan kronis.

6. Endometriosis
Selain menjadi penyebab sakit pinggang akut, endormetriosis juga dapat menyebabkan sakit pinggang kronis.

7. Penyebab Sakit Pinggang Kronis Lainnya
Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat pula menyebabkan sakit pinggang seperti infeksi saluran kemih, sakit punggung bawah, adenomiosis (yaitu pembengkakan rahim karena endometriosis mulai berkembang ke lapisan otot rahim, gejala yang timbul adalah rasa sakit parah dan menstruasi yang berlebihan), penyakit radang usus, hernia, saraf rusak pada bagian pelvis, kekenduran rahim atau prolaps rahim (biasa disebut turun berok), sistitis kronis (yaitu radang kandung kemih dalam jangka panjang), kista ovarium muncul kembali, dan juga kehamila.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri


Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri:
  1. Cedera otot
  2. Gangguan syaraf tulang belakang seperti siatika dan spinal stenosis. 
  3. Gangguan pada ginjal bagian kiri. 
  4. Penyakit lainnya seperti kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan


Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan yaitu:
  1. Cedera otot.
  2. Gangguan syaraf tulang belakang karena penyempitan tulang belakang atau tekanan pada syaraf siatik sehingga terasa linu pada panggul.
  3. Gangguan ginjal bagian kanan. 
  4. Gangguan pada empedu. Gejala yang muncul adalah rasa nyeri yang semakin parah saat penderita sedang makan.

Itulah beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu diketahui dan diwaspadai. Walaupun beberapa penyebab nyeri pinggang tsb terlihat sepele namun sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokterr bila mengalami rasa sakit pinggang yang parah dan terjadi tiba-tiba. Atau saat sakit pinggang tsb disertai sulitnya mengontrol buang air kecil / buang air besar, atau disertai dengan kelumpuhan / mati rasa di area pinggang dan kaki.

Untuk memastikan penyebab sakit pinggang yang Anda alami biasanya dokter akan melakukan beberapa tes seperti tes urine, tes darah, dan USG / X-ray pada rongga pinggul dan perut.

Sumber Referensi:
alodokter.com, webmd.com, epainassist.com
image credit: findhomeremedy.com
 
Top